Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Rawat Karet Wiper

Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Rawat Karet Wiper Foto: Kipli/KO

KabarOto.com - Bagian mobil sekecil apapun ternyata tidak bisa dianggap remeh Sob. Salah satunya wiper yang ternyata juga butuh perawatan. Pasalnya karet wiper yang sudah tidak layak akan membuat kaca mobil tergores.

Akibatnya, jika banyak goresan pada kaca maka visibilitas ketika mengemudi akan berkurang. Kaca akan berubah menjadi buram, fatalnya bisa membahayakan pengemudi berkendara baik siang maupun malam hari.

Sobat KabarOto perlu tahu nih kalau karet wiper bisa berubah menjadi kaku dan kering atau getas, sehingga fungsinya tidak sesuai dengan penggunaan di awal pemakaian. Nah, sebelum karet wiper berubah menjadi kaku dan merusak kaca mobil, sobat KabarOto harus tahu nih caranya merawat karet wiper.

Baca Juga: Simak Alasan Tak Perlu Angkat Wiper Waktu Parkir

Ada satu cara yang paling umum dan sering dilakukan oleh masyarakat, yaitu mengangkat wiper ketika mobil terjemur panasnya matahari. Padahal hal ini tidak melulu dibutuhkan loh, malah kalau sering dilakukan bisa merusak tangkai wipernya.

Hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan wiper. Apabila wiper yang kotor digunakan untuk menyapu permukaan kaca, hal ini dapat menyebabkan goresan. Menurut Roy owner dari Roy Glass Poles di Ciater, BSD, pengguna mobil harus memastikan bahwa wiper selalu dalam keadaan bersih karena banyak debu yang menempel.

"Paling tidak bersihkan wiper satu minggu sekali, caranya cuma di lap pakai air kanebo atau kain halus. Tuasnya juga dibersihkan, nggak cuma karetnya saja," jelas Roy saat ditemui tim KabarOto.

Baca Juga: Meski Musim Kemarau Kondisi Wiper Wajib Dicek, Ini Cara Mudahnya!

Nah, kalau Sobat KabarOto ingin karet wiper tetap elastis bisa juga loh. Hal ini juga cukup penting, karena karet wiper yang tidak elastis akan menyapu kaca kurang maksimal. Akhirnya dapat meninggalkan sisa-sisa air, kalau tidak segera dicuci bisa jadi flek loh.

Dewa dari Garasi Sunroof memberikan tipsnya agar karet wiper tetap elastis dengan cara memberikan minyak. Bukan sembarang minyak, sobat KabarOto bisa gunakan minyak yang biasa dijual di tempat aksesori mobil.

Tidak hanya untuk karet wiper loh, bagian mobil lainnya yang terbuat dari karet juga bisa mendapatkan perawatan seperti ini. Misalnya seperti karet kaca di jendela atau karet sunroof agar ketika dibuka dan ditutup tidak macet.

"Kalau nggak punya minyak khusus bisa pakai minyak untuk mesin jahit aja," imbuh Dewa.

Baca Juga: Ketimbang Beli Jutaan, Wiper Ratusan Ribu Ini Punya Material Yang Bikin Awet