Meski Musim Kemarau Kondisi Wiper Wajib Dicek, Ini Cara Mudahnya!

Meski Musim Kemarau Kondisi Wiper Wajib Dicek, Ini Cara Mudahnya! Ilustrasi wiper mobil (ist)

KabarOto.com - Saat ini kita telah memasuki musim kemarau, dimana intensitas hujan sudah jauh berkurang. Dalam kondisi seperti ini, rasanya wiper akan menjadi salah satu peranti yang jarang digunakan.

Meski begitu, pengecekan rutin terhadap fungsi wiper wajib dilakukan, agar kondisinya tetap prima dan dapat bekerja maksimal bila tiba-tiba dibutuhkan dalam kondisi yang tak terduga.

Baca Juga: Simak Alasan Tak Perlu Angkat Wiper Waktu Parkir

"Biasanya kalau musim panas seperti ini karet wiper menjadi lebih cepat kering, segera ganti bila karetnya sudah getas, karena bisa menyebabkan kaca menjadi baret," ujar Yoga dari Bengkel Dieng Motor.

Lebih lanjut Yoga mengatakan, bahwa selain karet wiper bagian lain yang tak kalah penting adalah cairan wiper. Seperti diketahui, agar wiper bekerja maksimal, harus ditunjang dengan cairan pembersih atau wiper fluid.

Washer tank dengan tutup warna biru

Untuk mengecek ketersediannya bisa langsung menengok kondisi pada washer tank yang terletak di dalam kap mesin mobil. Biasanya ditandai dengan tutup tangki berwarna biru.

Bila volumenya sudah menipis, jangan ditunda untuk segera melakukan pengisian ulang. Karena akan sangat merugikan bila saat dibutuhkan, ternyata cairannya sudah habis.

Memang tidak ada aturan kapan harus mengisi ulang, hanya saja pemilik mobil harusnya melakukan pengecekan secara rutin. "Wiper dan cairannya tidak bisa dipisahkan, maka tidak boleh sembarang mengisi cairan wiper dengan air sabun atau cairan lainnya," jelas Yoga yang bermarkas di daerah Kalimalang, Bekasi Selatan.

Wiper fluid yang mudah dietmukan di pasaran

Lebih lanjut ia mengatakan, sebaiknya selalu mengisi dengan wiper fluid yang banyak dijual di pasaran. "Biasanya cairannya berwarna biru," kata Yoga. Selain aman dan direkomendasikan, penggunaan cairan tersebut juga terbukti ampuh untuk membersihkan kaca dengan maksimal serta meminimalisasi adanya risiko kaca yang baret.

Baca Juga: Begini Cara Memasang Wiper Model Frameless Yang Benar

"Seperti diketahui, kotoran di kaca mobil bukan hanya dari debu saja tapi juga asap kendaraan lain yang mengandung minyak atau bahkan kotoran hewan. Jadi, secara fungsi wiper fluid ini memang sudah dibuat untuk membersihkan kaca, jadi selain aman daya membersihkannya juga lebih maksimal," jelas Yoga.

Bersihkan nozzle dengan jarum

Bila sudah terisi, langkah selanjutnya adalah dengan mengecek daya semprot yang dikeluarkan. Bila ternyata lemah atau arah semprot tidak langsung ke kaca, bisa dipastikan ada yang menyumbat pada lubang nozzle-nya, atau arah semprotannya yang kurang tepat.

Untuk membersihkannya, bisa dilakukan sendiri menggunakan peniti dengan cara mencolok langsung ke lubang nozzle tersebut, lalu mengarahkannya ke posisi semprotan yang tepat.