Begini Cara Memasang Wiper Model Frameless Yang Benar

Begini Cara Memasang Wiper Model Frameless yang Benar Foto: Deddy D

KabarOto.com – Persiapan menghadapi musim hujan terbilang cukup mudah, seperti mengecek ketebalan ban, lampu berfungsi baik, hingga yang paling mudah dilakukan adalah mengecek dan mengganti wiper. Sebab, kita tidak perlu sampai ke bengkel untuk mengganti peranti tersebut.

Wiper Frameless
Macam-macam dudukan wiper tergantung tipe dan jenis mobil

Ada beberapa model wiper yang digunakan mobil zaman sekarang, misalnya J hook atau U adapter, model tancap dan sebagainya. Kali ini, KabarOto akan membahas model J Hook yang lebih banyak digunakan pada mobil-mobil asal Jepang. Cara mengganti wiper cukup mudah, tetapi harus mengetahui terlebih dahulu model pengait apa yang digunakan.

Kebetulan wiper frameless pada contoh KabarOto ini adalah PIAA Si-Tech, dimana dalam paketnya sudah terdapat adaptor berbagai jenis pengait, jadi tidak perlu membeli wiper model khusus lagi.

1. Lepas Wiper Lama

Wiper Frameless
Lepas Wiper Lama

Cara pertama yang harus dilakukan adalah melepas wiper lama dari pengait, dengan membuka tutup dan menarik wiper lama ke sisi terbuka dari pengait, sehingga wiper lama terlepas.

2. Pasang Wiper Baru

Wiper Frameless
Pasang Wiper Baru

Setelah melepas wiper lama, persiapkan wiper baru dan pasang ke pengait sesuai dengan kebalikan dari step melepas tadi. Pastikan juga, ketika telah terpasang, terdengar bunyi klik, yang menandakan wiper telah terkunci sempurna di dudukannya.

Jika kalian masih bingung cara memasangnya, kebetulan pada wiper PIAA ini ada tutorial cara pemasangan setiap pengait yang berbeda, sehingga mempermudah pemasangan.

3. Bersihkan Permukaan Kaca

Wiper Frameless
Bersihkan Permukaan Kaca

Setelah keduanya terpasang dengan benar, pastikan sebelum menggunakan wiper baru, bersihkan permukaan kaca depan dengan air dan sampo khusus mobil.

Ini bertujuan agar tidak ada kotoran dan juga debu yang tersisa. Lalu keringkan menggunakan lap microfiber.

4. Aplikasi Lap Khusus

Wiper Frameless
Aplikasi Lap Khusus

Sesudah itu, lap kembali windshield dengan wipes khusus yang sudah disediakan pada kemasan wiper PIAA Si-Tech.

Tunggu 10 menit sebelum membersihkan sisa cairan wipes dengan lap kering (dapat menggunakan microfiber). Namun untuk wiper merek lain, bisa langsung turunkan wiper dan bisa langsung digunakan.

5. Wiper Siap Digunakan

Wiper Frameless
Wiper Siap Digunakan

Pastikan windshield sudah bersih dan kering. Setelah itu, posisikan kembali wiper ke posisi semula dan wiper baru siap digunakan.

6. Isi Tabung Air Wiper

Wiper Frameless
Isi Tabung Air Wiper

Dan juga kalian harus pastikan bahwa air wiper dalam kondisi penuh, karena air wiper juga berfungsi sebagai pembersih ketika ada kotoran yang menempel saat perjalanan, bisa juga menambahkan cairan khusus air wiper yang biasa dijual di supermarket agar hasil lebih maksimal.

Sedikit informasi, jangan pernah menegakkan wiper saat mobil terparkir di ruang terbuka, hal ini biasa dilakukan agar karet wiper tidak cepat getas terkena panas matahari.

Namun, hal ini justru akan mengurangi kinerja dari wiper itu sendiri. Karena per pengait wiper dipaksa untuk merenggang pada posisi berdiri, dan lama kelamaan per tersebut bisa kendor dan wiper tidak terlalu menempel ke kaca mobil.

Lagipula kebanyakan teknologi wiper di zaman sekarang sudah tahan terhadap panas, sehingga tidak cepat rusak. Lagi pula, lumayan juga loh kalau sampai harus ganti tangkai wiper baru.

Baca Juga: