Perhatikan Tekanan Angin Ban Agar Lebih Mencengkram Saat Terobos Hujan

Perhatikan Tekanan Angin Ban Agar Lebih Mencengkram Saat Terobos Hujan

KabarOto.com - Masuki musim penghujan berkendara jadi harus lebih berhati-hati. Pasalnya, jalanan menjadi licin serta visibilitas akan lebih rendah. Goodyear menjelaskan bahwa hal penting dalam berkendara adalah menguasai empat ban yang responsif.

Saat hujan aquaplanning lebih mudah terjadi, dimana mobil terangkat dan hilang kendali sesaat ketika melintasi genangan air. Sebab itu, ban memiliki peran penting sebagai komponen mobil yang langsung bergesekan dengan aspal atau permukaan jalan.

Baca Juga: Aquaplanning BahayaTerabas Banjir, Bagaimana Antisipasinya?

"Aquaplanning terjadi karena ketidakmampuan ban dalam menyibak air di jalan. Sering terjadi dengan kondisi air yang menggenang saat kecepatan kendaraan relatif tinggi," jelas Sony Susmana selaku Safety Driving Instructor.

Ternyata banyak orang salah kaprah terhadap tekanan angin yang digunakan saat berkendara di musim hujan. Banyak pengendara yang mengurangi atau melebihkan tekanan dengan harapan lebih menempel pada permukaan jalan. Goodyear menjelaskan bahwa hal itu keliru.

Jika tekanan angin pada ban kurang dari yang dianjurkan maka ban akan memiliki struktur W, dimana bagian tengah tapak tidak menyentuh permukaan jalan. Sementara itu, apabila tekanan terlalu tinggi strukturnya akan berbentuk U sehingga bagian tengahnya saja yang menempel jalan.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Aquaplaning Di Musim Hujan, Jangan Asal Terabas Genangan Air!

Kedua kondisi tersebut menunjukkan bahwa daya cengkram pada ban yang tapaknya berbentuk U dan W tidak maksimal saat melintasi genangan.

Selain memperhatikan tekanan angin dan ketebalan telapak ban, komponnya juga ikut mempengaruhi performa. Salah satunya ban Goodyear Eagle F1 Sport yang memiliki blok bahu luar dan dalam yang lebih lebar. Ban ini juga memiliki desain cakar elang yang berfungsi untuk membagi tekanan secara merata dan stabilitas cengkraman saat mengerem.

Ban ini juga memiliki celah empat baris. Selain berfungsi sebagai tali air, pola tersebut membuat ban memiliki tekanan lebih merata. Goodyear juga mencampur silica ke komponnya sebagai tambahan performa daya tempel karet.