POPULAR STORIES

Begini Reaksi Yuki Tsunoda Saat Jajal Mobil F1

Begini Reaksi Yuki Tsunoda Saat Jajal Mobil F1

KabarOto.com – Calon pembalap baru AlphaTauri, Yuki Tsunoda melakoni percobaan perdananya mengendarai mobil F1. Didukung oleh Honda dan AlphaTauri, Tsunoda menjajal mobil spesifikasi 2018 di sirkuit Imola, Italia, Rabu (4/11) kemarin.

Tsunoda, yang saat ini berada di urutan ketiga dalam balapan F2, disebut-sebut akan melakukan debut balapnya di Formula 1 musim depan. Kabarnya pembalap asal Jepang itu akan menggantikan posisi Daniil Kvyat.

Ia menjelaskan bahwa ada perbedaan cukup besar dari mobil F2 dan F1, terutama untuk ketahanan fisik sang driver. Menurutnya mobil F1 lebih mudah untuk dikemudikan, tetapi lebih sulit untuk aspek fisik.

“Meski di Formula 2 saya tidak terlalu merasakan kelelahan leher, dan leher saya cukup kuat. Tapi setelah saya mengendarai mobil Formula 1 itu hal yang cukup sulit,” ujarnya.

Baca Juga : MAN Kenalkan Mobil Untuk Tes Covid-19 Berbekal Alat Dari Bosch

Performa dan pengereman pun sangat jauh beda, oleh karena itu perlu penyesuaian beberapa saat agar ia mampu menggunakan mobil secara maksimal.

Yuki Tsunoda menjelaskan, bahwa mobil F1 memiliki tenaga besar ketimbang F2. Perlu menyesuaikan dengan performa mobil ini, terutama di saat kondisi hujan atau lintasan basah.

“Jadi itu kejutan terbesar bagi saya, serta hal kedua bagi saya adalah performa pengereman di kondisi kering juga sangat besar,” tambahnya.

Saat ini Tsunoda berada di posisi ketiga klasemen F2 dengan menyisakan dua laga lagi. Asalkan dia mampu finis lima besar saja, maka ia akan mendapatkan poin yang cukup mendapatkan F1 Racing Super Licence.

Apalagi ia telah menempuh jarak 300km lebih dengan mobil F1 sebagai salah satu syarat dasar. Menjadi pembuka jalan baginya untuk menjadi satu tim dengan Pierre Gasly musim depan di AlphaTauri.