Begini Tips Mario Iroth Saat Touring Ke Negara Lain

Begini Tips Mario Iroth Saat Touring ke Negara Lain Instagram : @wheel_story

KabarOto.com – Siapa Sobat KabarOto yang hobi melakukan touring? Pastinya menjadi suatu pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus seru yah, naik motor menjelajahi destinasi baru. Apalagi jaraknya tak terasa sudah ribuan kilometer.

Apa lagi jika sampai ke luar Negeri, seperti dilakukan oleh Mario Iroth, pemilik akun Instagram @wheel_story, Mario sudah menjelajahi 5 benua mengendarai motor. Nah buat Sobat KabarOto yang mau mencoba pengalaman touring ke luar Negeri, simak tips dari Mario Iroth.

Pertama pastikan bujetnya terlebih dahulu, jangan sampai kekurangan di tengah perjalanan, “Paling penting sih bujet. Dulu saat pertama mau melakukan touring saya tabung-tabung dulu hasil kerja 7 bulan, bahkan saat diajak teman ngopi saya pikir minum air putih saja deh biar irit,” jelas pria ramah itu ketika live Instagram bersama KabarOto.

Baca Juga : Helm Ternyata Ada Masa Berlakunya Sob!

Sebagai contoh, seperti Singapura, Malaysia dan sebagainya, persiapan bujet minimal yang disiapkan Mario sekitar Rp 35 jutaan pada 2013. Namun kalau sekarang mungkin lebih dari nominal tersebut. “Tapi dengan bujet segitu jangan harap tinggal di hotel mewah yah, kalian bisa tinggal di dormitori ala backpacker atau bisa cari di aplikasi seperti Couchsurfing,” jelasnya.

Lalu pastikan juga melakukan survey daerah yang akan kalian datangi, “Kalian bisa googling terlebih dahulu bagaimana medannya, dan jangan lupa cari tahu apakah Visa disana free atau harus mengajukan dulu,” paparnya.

Baca Juga : Tips Merawat Jaket Motor Sesuai Bahannya

Perhatikan juga kesehatan, usahakan jangan makan sembarangan. Membawa obat yang cukup lengkap namun seperlunya. “Saya dulu pernah sakit ketika perjalanan di India, karena makan sembarangan yang kebersihannya kurang terjaga. Saya sakit, dan harus membeli obat di apotek, sehingga perjalanan jadi tertunda,” cerita pengalamannya.

Sisanya seperti perlengkapan, pastikan kalian dibekali pengetahuan dasar soal motor, tujuannya apabila terjadi masalah teknis dapat diperbaiki sendiri, serta bawa toolkit lengkap jika terpaksa harus memperbaiki atau mengganti komponen atau suku cadang motor. Lalu jangan bawa pakaian terlalu banyak, lebih baik dicuci saja ketika di penginapan, agar menghemat tempat.

“Sebenarnya bagi pemula, lebih dianjurkan untuk menyewa motor saja di negara yang ingin kita datangi, ketimbang membawa motor sendiri dari Indonesia. Sebab ada beberapa dokumen harus dilengkapi misalnya paspor motor, dan lainnya,” ujar Mario yang sedang di Buenos Aires, Argentina saat ini akibat masih dalam situasi lockdown akibat pandemik virus Corona atau Covid-19.