POPULAR STORIES

Tips Merawat Jaket Motor Sesuai Bahannya

Tips Merawat Jaket Motor Sesuai Bahannya

KabarOto.com - Saat berkendara, mengenakan jaket merupakan salah satu cara mengemudi sepeda motor yang ideal. Tidak hanya untuk fashion, jaket juga memberi keamanan selama berkendara. Sudah banyak pilihan jaket bagi Sobat KabarOto yang sehari-hari mengendarai sepeda motor.

Sering menggunakan jaket saat berpergian, jangan lupa untuk merawatnya supaya tetap awet dan selalu dalam kondisi baik. Kali ini PT Astra Honda Motor (AHM) memberi tips untuk merawat jaket berkendara.

"Kondisi jaket yang prima tidak hanya mendukung tampilan dalam berkendara, namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara baik untuk perjalanan commuter maupun turing," jelas Parts Accesoris & Apparel Manager PT AHM Tony Kurniawan.

Baca Juga: Tips Merawat Jaket Turing Yang Benar

Biasanya di setiap jaket memiliki label yang bertuliskan instruksi terkait perawatan kebersihannya. Jaket memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, Sobat KabarOto harus mengikuti instruksi dan dijadikan kunci dalam merawat jaket.

Selanjutnya, untuk jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung di bagian-bagian tertentu, seperti bahu, siku, dan punggung. Nah, sebelum dicuci keluarkan lebih dulu pelindung tersebut dari masing-masing kantong. Hal ini dilakukan agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.

Baca Juga: Ada 3 Jenis Filter Udara, Begini Cara Merawatnya

Agar lebih detail, saat proses mencuci Sobat KabarOto bisa menyikat bagian yang kotor lebih dulu sebelum mencuci keseluruhan. Penting untuk diperhatikan, gunakan sikat yang lembut dan sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air.

Kalau jaket Sobat KabarOto berbahan kulit, hindari membersihkan dengan menyikat. Untuk daerah yang kotor cukup bersihkan dengan kain microfiber.

Mencuci dengan mesin cuci tetap diperbolehkan, tapi hanya untuk jaket selain berbahan kulit. Disarankan mencuci dengan tangan karena cara ini dianggap paling aman untuk menjaga keawetan jaket.

Apabila sudah selesai dicuci, gantung jaket menggunakan gantungan baju. Terkait proses pengeringan, sebaiknya tidak langsung terpapar sinar matahari. Kalau Sobat KabarOto ingin mempercepat pengeringan bisa menggunakan kipas angin.

Baca Juga: Lady Bikers, Jangan Asal Naik Motor Perhatikan Ini

Jika sudah kering, simpanlah jaket di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Agar lebih awet, disarankan juga untuk tidak dilipat dan diletakkan di lokasi yang terkena matahari langsung.

Nah, jika Sobat KabarOto melakukan seluruh step perawatan jaket tersebut, bisa mencegah kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembap.