POPULAR STORIES

Bengkel Binaan Astra Honda Motor (AHM) Raih Omset Rp25 Juta

Bengkel Binaan Astra Honda Motor (AHM) Raih Omset Rp25 Juta AHM

KabarOto.com - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) punya program mendorong kemandirian ekonomi, di kalangan generasi muda alumni SMK dengan mengembangkan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP).

Esta Garage, salah satu peserta program ini, klaimnya berhasil mengembangkan ragam layanan di bengkelnya, hingga omsetnya kini telah mencapai rata-rata Rp 25 juta per bulan.

Esta Garage berada di kawasan Canggu, Kabupaten Badung, Bali. Bengkel ini dikembangkan oleh Yoga Prasetyo, alumni SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi.

Baca juga: Honda Daya Jayadi Racing Team Tempati Puncak Klasemen Akhir Musim Balap

Di sekolah tersebut dia belajar otomotif melalui fondasi pengetahuan yang disajikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda.

Ketekunan mengantarkannya bergabung pada AHYPP pada tahun 2019 selepas dia lulus SMK. Bersama alumni SMK lainnya, Yoga menginisiasi pengembangan bengkel motor perdananya di Banyuwangi di bawah binaan Yayasan AHM.

Bermodal semangat ingin membesarkan usaha bengkel, Yoga hijrah ke Bali. Di Canggu, dia melihat potensi besar untuk melejitkan bisnisnya melalui layanan di bengkelnya.

Baca juga: 90 Bikers Jajal Geber New Honda CBR250RR Di Sirkuit Mandalika

Bengkelnya diklaim melayani beragam konsumen, baik dari masyarakat lokal dan turis mancanegara “Selain pinjaman tanpa bunga, bisnis juga semakin berkembang berkat pendampingan yang diberikan dalam pengelolaan bengkel secara profesional dengan menerapkan ilmu manajemen bengkel,” ujar Yoga.

Kini Esta Garage tidak hanya memperbaiki permasalahan pada sepeda motor, tetapi mulai merambah usaha pendukung lainnya yaitu restorasi, fasilitas pencucian motor, penjualan variasi motor, salon motor, penyewaan, hingga bengkel bubut atau korter mesin motor.