Bentuk RPD, Komunitas Ini Semprotkan Disinfektan Di Pemukiman Warga

Bentuk RPD, Komunitas Ini Semprotkan Disinfektan di Pemukiman Warga Relawan Cofid-19

KabarOto.com - Beberapa komunitas kendaraan bermotor di Indonesia bahu membahu untuk menunjukan rasa peduli terhadap Pandemi Covid-19. Mereka berusaha memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut di daerahnya masing-masing. Seperti di Medan Sumatera Utara, komunitas XTrim Indonesia atau Komunitas Trail Adventure Medan, membentuk sebuah gerakan bernama Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19.

"Kami menggunakan nama RPD agar fokus, karena pekerjaan utama RPD penyemprotan disinfektan," jelas Musa Idishah Ketua Umum XTrim Indonesia, komunitas trail adventure Medan. Mereka pun didukung oleh Indonesia Offrod federation (IOF).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, YRFI Cianjur Bagi-bagi Masker Hand Sanitizer

Mereka mulai bergerak pada 6 April 2020, namun pada 14 Maret lalu sudah menjalankan kegiatan, tidak menggunaan nama RPD. Didukung oleh 25 relawan dengan 4 kendaraan operasional yang selalu melakuan penyemprotan disinfektan di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Penyemprotn disinfektan

Dalam melakukan aksinya, RPD didukung dengan kendaraan, tenaga penyemprot, manual solo sprayer, compressor sprayer steam.

Selain itu juga didukung dengan tenaga pelatih dan tenaga bantuan untuk sosialisasi Covid-19 kepada masyarakat sekitar, pengaturan dan pemeliharaan logistik bahan dan alat disinfektan, administrasi, dan tenaga pemetaan.

Target utama RPD adalah gang sempit di daerah pinggiran yang padat penduduk. Selain itu pemukiman warga menengah ke bawah yang masih kurang begitu disiplin dengan penerapan social distance. Penyemprotan dilakukan secara sistematis, dengan mendata terlebih dahulu kawasan di setiap kecamatan dan kelurahan.

Untuk diketahui, Kehadiran RPD Covid -19 Sumatera Utara ini diprakasai oleh komunitas otomotif di Medan. RPD bergerak melakukan penyemprotan dengan mengandalkan dana dari donatur internal dan juga sumbangan spontan dari beberapa komunitas.

"RPD terdiri dari Trail Adventure XTrim Indonesia, Lembaga First Aid Indonesia Sumut dan Vertikal Resque Regional Sumut, " terang pria yang biasa disapa Doddy itu.

Baca Juga: Perduli Corona, Komunitas Ini Bagikan Hand Sanitizer Di Stasiun Depok

Ke depan, RPD nantinya akan bergabung degan Indonesian Offroad Federation (IOF) di Sumatera utara untuk melakukan berbagai kegiatan penyelamatan, sosial atau event offroad otomotif. Karena kedua komunitas ini memiliki visi yang sama.