Beralih Dari Girboks Otomatis Ke CVT, Adakah Perawatan Khusus Mitsubishi Xpander?

Beralih dari Girboks Otomatis ke CVT, Adakah Perawatan Khusus Mitsubishi Xpander? Kipli

KabarOto.com - Seperti yang telah diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah mengganti beberapa komponen untuk New Xpander dan New Xpander Cross yang belum lama ini diluncurkan.

Salah satunya adalah ubahan struktur suspensi dan kaki-kaki yang diklaim mirip dengan Pajero Sport dan transmisi yang beralih dari tipe otomatis 4 percepatan ke tipe CVT.

Baca Juga: New Mitsubishi Xpander Dan Xpander Cross Pakai Transmisi CVT Dan Suspensi Pajero, Ini Alasannya

Transmisi memiliki perawatannya tergantung tipe-tipenya, seperti manual, otomatis atau CVT.

"Mobil-mobil mitsubishi sudah beberapa tahun yang dijual sudah seamless tipe transmisinya, jadi maintenance atau perawatannya relatif tak repot karena sifatnya long life atau jangka panjang," ujar Boedyarto selaku General Manager After Sales Division PT MMKSI.

Menurutnya, tak ada perawatan khusus seperti perlakuan parts mesin lainnya yang membutuhkan maintenance rutin, misalnya saja pelumas mesin dan filternya yang harus relatif sering diganti dalam interval tertentu.

Baca juga: Mulai Rp 220 Jutaan, Mitsubishi Umumkan 7 Harga Resmi New Xpander Dan Xpander Cross Di GIIAS 2021

"Jadi, CVT (Xpander) ini tidak perlu ganti oli. enggak ada perawatan khusus. Hanya setiap 20.000 km ada pemeriksaan kuantitas dan kualitas menggunakan alat khusus yang ada di diler," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tak ada hal-hal spesifik untuk perawatan periodik. "Hanya saja, untuk pemakaian berat perlu pengecekan CVT di 40.000 km, semua yang kita jual pasti ada garansi. 3 tahun atau 100 ribu kilometer untuk garansi CVT sama seperti mobil," tutup Boedyarto.