POPULAR STORIES

Berapa Kelvin Warna Lampu Mobil Yang Bisa Tembus Kabut?

Berapa Kelvin Warna Lampu Mobil yang Bisa Tembus Kabut? Lampu LED punya warna kelvin beragam.

KabarOto.com - Lampu menjadi penerang utama ketika mobil atau motor melewati kondisi jalanan gelap. Namun paling membahayakan adalah saat gelap, hujan dan berkabut, oleh karena itu lampu punya standar berapa ukuran kelvin paling tepat, sehingga bisa digunakan untuk semua kondisi.

Mobil zaman sekarang kebanyakan sudah gunakan lampu LED sebagai standarnya, biasanya warnanya akan cenderung putih atau 6.000 kelvin. Namun lampu warna putih ini punya kelemahan.

Ilustrasi perbedaan warna 5.000 kelvin (kiri) dan 6.000 kelvin (kanan).

"Lampu 6.000 kelvin atau putih itu sebenarnya lebih terang saat jalanan kering, lalu untuk kondisi hujan masih tembus. Namun kelemahannya saat berkabut, fokus cahayanya jadi buyar," jelas Andre dari Beebot Automotive.

Baca Juga : Turtle Wax Tawarkan Produk Baru Perawatan Pelek Dan Ban

Sementara lampu kuning atau 3.000 kelvin itu akan tembus baik hujan, ataupun kabut, tetapi tidak terlalu nyaman di mata pengemudi, bila jadi lampu utama. "Ibaratnya lampu rumah, kalau menggunakan lampu putih dan kuning lebih nyaman mana dilihatnya, pasti lampu putih. Begitu juga seperti lampu di mobil," tambahnya.

Lampu kuning 3.000 kelvin biasanya dijadikan foglamp.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Alat Yang Digunakan Untuk PDR Bodi Mobil

Oleh karena itu, menurutnya paling tepat adalah lampu dengan warna sekitar 5.000 - 5.500 kelvin atau warm white. Warna putih sedikit kekuningan dari lampu LED memberikan efek terang di jalan yang baik, begitu juga tembus kabut, sehingga visibilitas lebih maksimal.