POPULAR STORIES

Jarang Diketahui, Ini Alat Yang Digunakan Untuk PDR Bodi Mobil

Jarang Diketahui, Ini Alat yang Digunakan untuk PDR Bodi Mobil Proses pengerjaan PDR (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Paintless Dent Removal (PDR) merupakan metode memperbaiki bodi mobil yang penyok, namun tetap pertahankan cat orisinal. Pengerjaan PDR juga cukup cepat, menggunakan alat khusus berbentuk unik.

Arman, pemilik bengkel F3 Serpong Auto Body PDR Tangerang, mengatakan, PDR bodi ada dua penyebab, low spot atau penyok, dan high point (menonjol, penyok keluar).

Contoh bagian penyok ada bagian yang ke dalam dan ke luar, pengerjaannya pun beda

"Jadi kalau bodi penyok, kita itu tidak semua bagian penyok ke dalam, tapi ada beberapa kasus membuat bagian juga jadi tinggi atau menonjol," jelas Arman.

Baca juga: Perbaikan Bodi Penyok Tanpa Cat? PDR Solusinya

Kalau untuk kasus bodi yang menonjol, perbaikannya harus diketuk seperti orang memahat, fungsinya agar bodi jadi rata kembali. Menggunakan alat namanya Tap Down, ujungnya terbuat dari karet sehingga tidak merusak bodi saat diketuk.

Contoh alat tap down.

Lalu alat lainnya stik panjang, untuk mengerjakan low spot atau penyok. Ukurannya cukup tipis agar bisa mengakses ke bagian bodi tertentu, lalu bagian ujungnya biasa dilapisi lakban agar tidak merusak cat saat stik dimasukkan ke dalam bodi.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas? Cek Bagian Ini Untuk Memastikan Bukan Bekas Tabrakan

Cara kerjanya, stik dimasukkan ke bagian bodi yang penyok, lalu teknisi mengurut atau mendorong dari dalam bagian bodi penyok itu agar kembali ke posisi semula.

Alat yang digunakan untuk memperbaiki penyok.

Setelah pengerjaan low spot (penyok ke dalam), teknisi akan tetap melakukan finishing untuk meratakan bagian bekas pengerjaan pengetokan pada bagian penyok ke dalam tadi.

"Tergantung pengerjaan, tapi biasanya kalau low spot kita sudah kerjakan, akan ada sedikit high point, oleh karenanya kita finishing dengan mengetuk kembali, agar rata semula," papar Arman.