POPULAR STORIES

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Bagian Ini Untuk Memastikan Bukan Bekas Tabrakan

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Bagian Ini untuk Memastikan Bukan Bekas Tabrakan Dereretan mobil bekas yang siap dipinang konsumen (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mobil bekas saat ini penjualannya cukup baik, banyak masyarakat yang berburu kendaraan ini untuk mendukung aktivitasnya. Namun, sebelum membeli, harus dicek dulu kondisi mobil tersebut, memastikan mobil tersebut bukan bekas tabrakan.

Bagian mobil yang biasanya luput daripengecekkan adalah lekukan di ujung mobil, biasanya ada sealant di lipatan di ujung kap mesin, pintu, dan bagasi.

Contoh sealant di bagian pintu belakang.

Bagian tersebut merupakan sealant dari pabrikan untuk menyambung bodi. Saat akan membeli, pastikan tetap mulus, jika terlihat kurang baik kondisinya, dipastikan ada indikasi mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Baca Juga : Perhatikan Bagian-Bagian Bodi Mobil Saat Musim Hujan Mengintai

"Bagian tekukan plat bodi ini ada sealantnya jika diperhatikan. Warnanya sewarna cat bodi namun ini lunak jika dipegang," jelas Arman, dari bengkel F3 PDR, Serpong.

Bagian ini, menurut dia tidak boleh rusak, jika ada tambalan, maka bisa menjadi tanda mobil tersebut pernah menabrak atau ditabrak.

Contoh sealant di bagian kap mesin.

Baca Juga : Perbaikan Bodi Penyok Tanpa Cat? PDR Solusinya

Kalaupun bisa diperbaiki, pasti hasilnya tidak akan sama seperti pabrikan. Sebenarnya sealant ini bertujuan untuk menyambung bagian luar dan dalam pelat bodi. Ini dapat menjadi salah satu patokan saat memeriksa kondisi mobil bekas.