POPULAR STORIES

Perbaikan Bodi Penyok Tanpa Cat? PDR Solusinya

Perbaikan Bodi Penyok Tanpa Cat? PDR Solusinya Proses perbaikan bodi mobil dengan cara PDR (Foto: Deddy KabarOto)

KabarOto.com - Jika bodi mobil Sobat KabarOto penyok namun tak merusak cat, datang ke bengkel Paintless Dent Removal (PDR) bisa jadi solusi. Cara ini, kondisi mobil dapat kembali seperti semula, tanpa mengecat ulang.

Salah satu bengkel pelopor PDR di Indonesia adalah F3, Serpong, berada di Bursa Mobil Summarecon, Blok H. Arman, punggawa tempat ini menjelaskan, perbaikan bodi melalui cara ini, bisa mempertahankan cat orisinal.

Alat seperti stik digunakan untuk mengurut bodi yang penyok ke bentuk semula.

"PDR bersifat quick repair saja. Mobil tidak perlu dicat ulang," ujar Arman.

Baca Juga : Perhatikan Ini Sebelum Mengganti Lampu Projie Motor

Selain itu cara ini bisa mengakses hampir seluruh bagian bodi, namun tergantung dari kerusakannya, jika sudah ada perenggangan bodi, tidak bisa dilakukan PDR. "Kalau masih penyok kecil, selama masih bisa dijangkau alat maka dapat diperbaiki," tambahnya.

Setelah itu bagian bodi diratakan dengan cara diketuk.

Soal harga, penyok normal dent sebesar uang logam, Rp 50 ribu. Namun sebelum melakukannya, bisa berkonsultasi dulu, agar bisa di estimasi kisarannya.

Baca Juga : Perhatikan Bagian-Bagian Bodi Mobil Saat Musim Hujan Mengintai

Lama pengerjaannya, tergantung kerusakan, jika ringan hanya 5-10 menit saja, bodi sudah kembali normal.

Jika penyoknya besar, atau akses alat ke bagikan penyoknya rumit, sampai harus buka doortrim dan lainnya, bisa lebih lama. "Ada biaya tambahan jika dilakukan pembongkaran doortrim, karena cukup sulit," papar pria ramah itu.