POPULAR STORIES

Perbedaan Coating Mobil 7H, 9H, Dan 10H

Perbedaan Coating Mobil 7H, 9H, dan 10H Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Zaman semakin berkembang begitu juga dengan coating mobil, jika dulu dikenal hanya ada tingkat kekerasan 9H, kini ada beberapa merek dengan tingkat 7H dan 10H.

Coating dengan tingkat kekerasan 7H adalah pilihan ekonomis dari 9H. Kekerasan 7H lebih rendah tingkatnya, tapi tetap bisa mengeras, serta bisa memberikan efek daun talas dan anti oksidasi ketimbang wax biasa.

Harganya pun lebih terjangkau mulai dari Rp 1,7 jutaan saja, dengan ketahanan 1-2 tahun jika perawatannya benar.

Lalu coating 9H, adalah paling banyak digunakan, sebab ketahanannya lebih baik. Sudah lebih tahan terhadap goresan halus, efek daun talas, dan ketahanan lebih lama bisa tahan lebih dari 3 tahun. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 3 jutaan.

Baca Juga : 5 Poin Mencegah Kerusakan Bodi Mobil Saat Musim Hujan

Untuk bahan cukup baru, 10H atau graphene, tingkat kekerasannya lebih tinggi bahkan dibanding 9H, jadi mobil lebih tahan terhadap goresan halus, efek daun talas bisa sampai 6 tahun.

Baca Juga : Ganti Pelek Dan Ban Baru? Harus Langsung Wheel Alignment

“Ini berbahan dasar graphene. Jadi kalau kekerasan biasanya itu 9H, kalau ini 10H sehingga lebih tahan dari goresan halus, dan ketahanan lebih lama, selama perawatannya benar," jelas Andri selaku punggawa PDV Detailing.