Berbahaya Atau Tidak Gunakan Oli Mesin Berbeda Merek?

Berbahaya Atau Tidak Gunakan Oli Mesin Berbeda Merek? Mengganti oli mesin secara teratur lebih baik (Foto: Istimewa)

Bro n Sist Oli merupakan elemen penting dalam kendaraan bermotor. Ibarat organ tubuh, oli bak darah. Tanpa oli, motor tidak dapat berjalan. Saat ini masih banyak yang salah kaprah dengan tata cara perawatan, termasuk penggunaan oli. Berbahaya atau tidak gunakan oli mesin berbeda merek?, mari kita dengar penjelasan seorang mekanik motor berikut ini.

Untuk jenisnya, oli yang terdapat di Indonesia sudah sangat beragam, mulai dari jenis mineral sampai full syntetic dari berbagai merek. Hal itu pula yang ikut memicu banyak pengguna motor bergonta-ganti merek oli untuk kendaraan bermotor.

Mekanik bengkel motor RMS, bro Ryan, mengutarakan bila kita sering berganti merek oli, itu tidak berbahaya bagi kendaraan yang kita gunakan, hal yang terpenting itu hanya rutin mengganti oli.

"Paling utama dan terpenting itu setiap satu bulan sekali ganti oli,berkala juga rutin, dan yang perlu diperhatikan adalah kadar kekentalan oli yang kita gunakan, itu harus disesuaikan dengan mesin kendaraan bermotor kita. Juga harus lihat jenis motor kita, jangan sampai salah dalam menggunakan, seperti halnya pake oli motor matic untuk motor manual atau sebaliknya," ungkap bro Ryan.

RMS
Bro Ryan mekanik di bengkel RMS (Foto: Ahmad Djainudin/Kabaroto)

Ryan juga menambahkan, faktor yang membedakan pada setiap oli hanya kualitasnya saja, sehingga apabila konsumen berganti merek oli, kualitas yang dihasilkan yang akan berubah. Selebihnya untuk mesin
kendaraan tidak berbahaya, selama oli tersebut asli dan resmi dikeluarkan oleh salah satu produsen.

"Ya walau ada perbedaan pada zat adiktifnya, tapi selama oli itu tidak palsu pasti akan aman saja, karena sampai saat ini belum ada keluhan motor rusak karena sering mengganti oli dengan berbagai merek," pungkasnya.

Untuk antisipasi sebaiknya jangan terlalu sering mengganti merek oli untuk kendaraan Bro n Sist, sebaiknya gunakan selalu oli mesin dengan satu merek produsen, walaupun berganti sebaiknya lihat kesamaan antara merek satu dengan lainnya.