POPULAR STORIES

Jangan Ganti Oli Viskositas Terlalu Kental Untuk Mobil, Ini Akibatnya

Jangan Ganti Oli Viskositas Terlalu Kental Untuk Mobil, Ini Akibatnya Dua oli dengan kekentalan berbeda (Foto : KabarOto)

KabarOto.com - Ganti oli jadi menu perawatan wajib bagi pemilik kendaraan, namun terkadang kita tidak sadar kalau oli mesin oli memiliki viskositas atau kekentalan yang berbeda-beda, dan setiap mobil memiliki spesifikasinya masing-masing. Spesifikasi oli yang digunakan biasanya tertulis di bagian tutup, atau buku manual mobil.

Jika menggunakan oli terlalu kental, padahal mobil kita spesifikasi standarnya menggunakan oli bersifat encer seperti 5W-30, lama kelamaan akan ada komponen mesin yang rusak, seperti pompa oli, sebab kinerjanya menjadi lebih keras agar bisa melubrikasi mesin.

Baca Juga : Lakukan Engine Flush Mesin Mobil Agar Performa Terjaga

“Kalau mobil modern pakai kekentalannya 20W-40, itu lama-lama merusak mesin. Komponen yang akan rusak nantinya seperti pompa oli, karena harus bekerja keras,” jelas Yuda Resigama Owner AHT Garage.

Baca Juga : Mengenal Fitur Adjust The Tyre Pressure, Apa Itu?

Selain pompa oli yang cepat rusak, kinerja mobil jadi menurun. Sebab mobil modern didesain dengan celah lebih sempit, sehingga kalau menggunakan oli kental, komponen akan berjalan lebih lambat, dan mesin cepat panas.