POPULAR STORIES

Lakukan Engine Flush Mesin Mobil Agar Performa Terjaga

Lakukan Engine Flush Mesin Mobil Agar Performa Terjaga Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Apabila kalian memiliki mobil, jangan lupa saat mengganti oli, sesekali lakukan engine flush. Terutama saat kondisi oli lama sudah terlihat kental saat diganti, maka itulah indikator mesin butuh engine flush.

Engine flush sendiri memiliki tujuan untuk merontokkan sisa-sisa oli atau bahkan yang sudah berkerak, dan mengendap di dalam komponen mesin. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa kerak sisa pembakaran jadi lumpur, dan performa mesin semakin menurun.

"Engine flush adalah sebuah treatment yang bertujuan menghilangkan kerak oli lama yang menempel pada saluran oli mesin dengan cara menambahkan kimia khusus ke dalam oli mesin. Setelah cairan engine flush dituang kemudian mesin dinyalakan supaya kerak oli dapat ikut terbuang saat ganti oli mesin," jelas Edwin Dwi Novianto, Service Manager bengkel resmi Auto2000 Permata Hijau.

Baca Juga : Perhatikan Ini Sebelum Perpanjang STNK Kendaraan

Melakukan engine flush juga dilakukan berbarengan dengan penggantian oli mesin kok. Namun ini tidak harus dilakukan setiap ganti oli, bisa kalian lakukan sekitar 20.000 sekali atau 4 kali ganti oli sekali.

Baca Juga : Mengenal Fitur Adjust The Tyre Pressure, Apa Itu?

Cairan untuk Engine Flush juga tidak terlalu mahal kok Sob, KabarOto cek di marketplace sekitar Rp 30 - 200 ribuan saja, sudah sangat cukup untuk satu mobil.