POPULAR STORIES

Perhatikan Ini Sebelum Perpanjang STNK Kendaraan

Perhatikan Ini Sebelum Perpanjang STNK Kendaraan Perpanjangan STNK kini bisa menggunakan platform digital milik pemerintah atau swasta (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) seperti pembayaran pajak, mengganti pelat nomor atau balik nama terkadang menjadi hal yang terlewatkan, bahkan terlupakan bagi pemilik mobil dan motor. Aplikasi digital, bisa dimanfaatkan untuk mengurus berbagai administrasi kendaraan. KabarOto akan membagikan kiat sebelum mengurusnya, dilansir dari Seva.id.

1. Mengetahui Tarif Resmi

Hitunglah biaya dengan akurat, penting selalu update tarif resmi yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena, nilainya bisa berubah, harus mengetahui informasi terbaru dari sumber terpercaya, seperti website resmi samsat atau Polda Metro Jaya. Agar naninya, saat datang untuk membayar perpanjangan STNK, biayanya bisa sesuai.

Baca Juga: Setelah 8 Bulan Pemilik Subaru WRX Diklaim Sudah Terima STNK Dan BPKB

2. Memanfaatkan Teknologi Digital

Teknologi bisa dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai urusan, termasuk dalam menghitung biaya perpanjang STNK dan ganti plat nomor. Banyak platform seperti Seva.id salah satunya, menawarkan kemudahan dengan fitur Layanan Surat Kendaraan, memungkinkan pengguna dapat melakukan berbagai pengurusan administratif kendaraan, seperti Perpanjangan STNK, mutasi kendaraan, hingga pemblokiran plat nomor kendaraan.

3. Memperhatikan Masa Berlaku

Periksa dan pastikan masa berlaku STNK dan pelat nomor, penting untuk menghindari denda. Anda dapat menghindari biaya tambahan, yang tidak perlu dan memastikan seluruh dokumen kendaraan valid dan terjaga dengan baik, serta terbebas dari masalah hukum.

4. Pertimbangkan Biaya Tambahan

Biaya perpanjang STNK dan ganti pelat nomor, pada umumnya memiliki berbagai biaya tambahan, untuk administrasi atau denda, ini mesti diperhitungkan. Agar tidak terkejut dengan total biaya yang harus dikeluarkan. Sehingga mempersiapkan dana lebih baik, tanpa menggangu pengeluaran bulanan.

5. Memilih Tempat Pembayaran yang Tepat

Jika tidak memiliki waktu, bisa memanfaatkan jasa pengurusan STNK atau platform digital lain. Sehingga bisa memudahkan proses pembayaran. Ada beberapa tempat juga menyediakan fasilitas dan pelayanan yang dapat membuat proses administrasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Ada 22 Nama Jalan Baru Di Jakarta, Alamat STNK Ikut Diubah?

Seva.id bisa menjadi platform digital untuk melakukan pengurusan administrasi STNK, hadirkan beragam fitur seperti perpanjangan, mutasi kendaraan, hingga pemblokiran plat nomor.