POPULAR STORIES

Berburu Suku Cadang Di Junkyard (Kampakan), Ada Apa Saja?

Berburu Suku Cadang di Junkyard (Kampakan), Ada Apa Saja? Foto: Kipli

KabarOto.com - Berburu onderdil biasa dilakukan Sobat KabarOto di bursa otomotif maupun bengkel resmi. Soal harga, bengkel resmi punya harga patokan yang tak bisa ditawar lagi, sedangkan di bursa otomotif biasanya masih bisa nego. Nah, rupanya juga belum banyak yang tahu jika belanja onderdil juga bisa dilakukan di junkyard atau bahasa lainnya 'kampakan'.

Lokasi junkyard atau kampakan biasa ditemui di berbagai titik, dan biasanya ada beberapa penjual yang berada dalam satu area. Contoh kampakan yang bisa Sobat Kabaroto temui ada di kawasan Cipayung, Jakarta Timur atau Sawangan dan Parung, Bogor, Jawa Barat.

KabarOto melakukan survei di kawasan Parung dan Sawangan. Banyak sekali onderdil atau spare part seken layak pakai, bahkan jika beruntung, kita juga bisa menemukan komponen langka maupun collector item yang layak untuk diboyong.

Salah satu junkyard yang KabarOto coba kunjungi adalah milik Ahmad yang terletak di Jl. Raya Parung, Jawa Barat. Memasuki pekarangannya terlihat ada puluhan mobil teronggok mulai dari mobil lawas seperti Toyota Starlet, Toyota Corolla DX hingga mobil baru seperti Mazda CX-5.

Baca Juga: Simak Tips Rawat Mesin Saat WFH Ala Bengkel Balap

Menelusuri masuk gudangnya, terlihat beberapa spare parts copotan seperti gardan, dasbor, setir, mesin, jok, body parts dan lainnya. "Ini ada yang mau beli, dasbor Daihatsu Feroza, ya harga bisa nego dari Rp 1 jutaan jadi Rp 750 ribu," saat diwawancara KabarOto (06/06).

Diantara tumpukan mesin pun, KabarOto sempat melihat mesin G13B bekas Suzuki Cultus DOHC, dan 4A-GE Blacktop milik Toyota Levin. "Pelek juga ada bos, itu ada beberapa pelek yang baru stok," ujarnya.

Beralih ke junkyard milik Cak Dul yang berlokasi sekitar 400 meter dari lokasi pertama, Sobat KabarOto banyak melihat tumpukan mesin mobil-mobil 1990-an seperti milik BMW E30, 6A12 milik Mitsubishi Galant, sampai beberapa mobil retro seperti Toyota Corolla KE20 hingga mesin HL dan HD yang sejatinya bertengger di bawah kap mesin Daihatsu Charade dan Feroza.

Soal harga, Cak Dul bilang bervariatif. Mesin-mesin tersebut dibanderol dengan harga Rp 1 juta sampai Rp 18 juta tergantung tipenya. Selain itu, Cak Dul juga menjual berbagai macam suku cadang seken seperti kipas radiator, belt, bahkan mesinnya juga bisa dibeli secara terpisah.