POPULAR STORIES

Berhasil Selamatkan Lewis Hamilton, Ini Fungsi Halo Di Mobil F1

Berhasil Selamatkan Lewis Hamilton, Ini Fungsi Halo di Mobil F1

KabarOto.com – Halo mengambil peran penting saat insiden antara Lewis Hamilton (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull) di GP Italia kemarin. Mobil RB16B milik pembalap Belanda, harus terpental hingga menindih W12 milik Hamilton.

Beruntung ada Halo sebagai penahan ban, apabila tidak mungkin kepala Hamilton akan mengalami cedera serius. Bila dilihat, momen memang sangat cepat, keduanya bersenggolan di tikungan lap 26, membuat mereka keluar lintasan dan mengakhiri pertandingan lebih awal.

“Terima kasih Tuhan untuk Halo, yang pada akhirnya, saya pikir, menyelamatkan jiwa dan menyelamatkan leher saya. Tidak berpikir pernah ditabrak mobil sebelumnya dan itu cukup mengejutkan, karena tidak tahu apakah Anda pernah melihat gambar tetapi kepala saya benar-benar cukup jauh ke depan,” kata Hamilton.

Baca Juga : F1 Italia 2021, Kemenangan Besar Untuk McLaren

Jika kalian melihat mobil F1 tiga tahun ke belakang, terdapat suatu sayap melintang di bagian depan pandangan pengemudi. Memang awalnya aneh, penggunaan Halo jadi sedikit kontroversial karena dinilai menghalangi pandangan pengemudi.

Halo berfungsi sebagai pelindung kepala saat mobil mengalami tabrakan, terguling, atau terlindas seperti kejadian yang menimpa Hamilton. Bahannya menggunakan titanium kokoh yang terintegrasi dengan sasis.

Peran Halo juga terbukti pada beberapa balapan sebelumnya. Paling kita ingat adalah musim lalu kejadian Romain Grosjean yang saat itu membela Haas, mobilnya terbelah dua akibat menabrak dinding pembatas, berkat Halo menghalangi kepala bersentuhan dengan dinding.

Begitu juga Lance Stroll saat itu terbalik ketika berseragam Racing Point, Halo menahan agar posisi kepala tidak bersentuhan lagi dengan aspal.