F1 Italia 2021, Kemenangan Besar Untuk McLaren

F1 Italia 2021, Kemenangan Besar untuk McLaren Sumber: Formula 1

yKabarOto.com – F1 Italia hadirkan pemenang baru, Daniel Ricciardo (McLaren) menjadi juara di Monza. Sementara dua pembalap unggulan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) dan Max Verstappen (Red Bull Racing) harus menyelesaikan pertandingan lebih awal.

Pada lap ke-26, persaingan antara Verstappen dan Hamilton sangat ketat, pada tikungan kedua. Verstappen yang mengambil sisi dalam namun tidak memiliki cukup ruang, keduanya bersenggolan dengan Hamilton di sisi luar. Mengakibatkan ban kanan dan mobil Verstappen terpental naik, dan menimban mobil W12 milik pembalap Inggris itu.

Verstappen mengatakan melalui radio, "itulah yang terjadi ketika Anda tidak memberi ruang". Tetapi hal tersebut dibantah oleh Hamilton. "Saya berada di depan saat memasuki tikungan, dan hal berikutnya yang saya tahu, saya tebak Max melewati trotoar kedua atau semacamnya dia jelas tahu dia tidak akan berbelok di tikungan dan dia menabrak saya,” kata Hamilton.

Baca juga: Alex Albon Kembali Ke F1, Resmi Bergabung Dengan Williams

Kedua pembalap McLaren yang memulai dengan posisi baik juga memanfaat semaksimal mungkin. Daniel Ricciardo mengamankan posisi pertama dari awal start Ricciardo memimpin balapan untuk pertama kalinya sejak Abu Dhabi 2018. Sementara posisi runner-up diisi oleh Lando Norris yang berhasil menghalangi Hamilton pada lap awal.

"Saya tidak berpikir kami memiliki kecepatan luar biasa, tapi itu cukup untuk menjaga, jelas, Max di belakang. Untuk memimpin secara harfiah dari awal hingga akhir, saya tidak berpikir ada di antara kita yang mengharapkan itu. Saya tidak tahu ada sesuatu dalam diri saya pada hari Jumat, saya tahu sesuatu yang baik akan datang," papar Ricciardo.

Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) pun setidaknya cukup puas raih posisi 3, setelah start dari posisi 19. Dibelakangnya mengikuti Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang bersaing cukup ketat dengan Sergio Perez (Red Bull Racing).

Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) kalah saing dengan Perez, dan merelakan tempatnya dan finis posisi 6. Dibelakangmya ada Lance Stroll (Aston Martin Cognizant) mengikuti, start dari P10 ia berhasil tampil apik dan mengamankan posisi ketujuh.

Baca juga: Gairah Formula 1 Telah Kembali

Duo Alpine meraih poin ganda dengan Fernando Alonso finis posisi 8 dan Esteban Ocon meraih posisi 10. Sementara George Russell (Williams) berhasil menunjukkan kemampuannya bahwa ia pantas masuk ke tim Mercedes dengan finis posisi 9.