POPULAR STORIES

Berlaku Di 234 Wilayah, Beli Solar Bersubsidi Harus Pakai QR Code

Berlaku di 234 Wilayah, Beli Solar Bersubsidi Harus Pakai QR Code Pengguna bio solar harus melakukan scan barcode untuk bisa mendapatkan bbm bersubsidi (Foto : Pertamina)

KabarOto.com - Pertamina Patra Niaga menetapkan penggunaan QR Code untuk pembelian Solar bersubsidi di 234 Kota, atau Kabupaten seluruh Indonesia.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan evaluasi dan melanjutkan tren positif dari program tersebut.

Baca Juga : Mobil Diesel Common Rall Dipaksa Memakai Bio Solar, Ini Dampaknya

“Mengingat penyaluran Solar Subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya, maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar Subsidi," jelasnya

Memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya, Irto juga menyebut bila full QR memiliki beberapa manfaat, terutama dari sisi keamanan kuota harian oleh pengguna.

Foto : Pertamina

Langkah ini diharapkan mampu memberikan evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab. “Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab," terangnya.

Full QR ini menurut dia, bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code. Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat.

Mulai 25 Mei 2023, full QR akan diberlakukan secara bertahap di 234 Kota atau Kabupaten selama 2 minggu. Wilayah-wilayah ini akan menerapkan mekanisme full registrant dan performa transaksi penggunaan QR yang sudah cukup baik.

Baca Juga : Ada Solar Panel di Genesis G80 Begini Cara Kerjanya

Pada awal penerapannya, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, salah satunya titik print QR di beberapa SPBU.

“Jadi masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar Subsidi,” katanya.

Irto berharap, Program Subsidi Tepat Full QR dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari seluruh Stakeholder terkait.

“Kita memiliki tujuan yang positif, dimana Subsidi Tepat ini untuk menjamin kuota BBM bersubsidi terjaga, digunakan sesuai regulasi yang berlaku, dan transparan penggunaannya," tambah dia.

Pertamina Patra Niaga juga akan terus mengevaluasi pelaksanaannya dan terus memastikan pelayanan berjalan dengan baik.