POPULAR STORIES

Bermacam Medan Warnai Hari Terakhir Ekspedisi Kabaroto Dan Mitsubishi Di Kalimantan

Bermacam Medan Warnai Hari Terakhir Ekspedisi Kabaroto dan Mitsubishi di Kalimantan Foto: Fayon MP

KabarOto.com - Hari ke-4 merupakan hari terakhir tim Kabaroto bersama Mitsubishi All New Pajero Sport menjelajahi calon Ibukota baru, tepatnya di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Benuo Taka yang artinya 'Daerah Kita' atau 'Kampung Halaman Kita' adalah kata semboyan pada lambang daerah Kabupaten Penajam Paser Utara. Semboyan ini mengadopsi dari bahasa Suku Paser yang bermakna bahwa Kabupaten Penajam Paser Utara terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan budaya namun tetap merupakan satu kesatuan ikatan kekeluargaan.

Setelah menjelajah Balikpapan ke Samboja hingga Sepaku, kini tim ekspedisi Kabaroto masuk ke kawasan Penajam Paser Utara yang kontur jalannya tak kalah ekstrem perhutanan, bebatuan sampai aspal berlubang.

Baca Juga: Kenyamanan Mitsubishi Pajero Sport Teruji Saat Jelajah Kalimantan Di Hari Ketiga

Menurut pengakuannya, mudah saja bagi pimpinan ekspedisi untuk menaklukkan semua medan tersebut menggunakan Mitsubishi All New Pajero Sport. "Bantingan suspensinya empuk, nyaman saat lewat jalan bergelombang, handling cukup baik, koreksi setirnya pas sehingga tidak membuat mudah lelah," ujar Benny Suryakusumah selaku Pimpinan Ekspedisi.

Soal tenaga dan torsi, ia juga bilang kalau mesin diesel tersebut sanggup melahap tikungan dan tanjakan dengan relatif mudah di semua medan termasuk hari terakhir di Penajam Paser Utara.

"Sudah melewati berbagai medan menuju Penajam Paser Utara, jalannya ada yang rusak parah, sistem penggerak 4x4 sangat membantu saat melibas jalanan berkontur tanah, apalagi setelah jalanan disiram hujan," imbuh Benny.

Mudah-mudahan, ketika Ibukota sudah jadi pindah beberapa tahun mendatang, semua sistem infrastruktur, lalu lintas dan kualitas aspal dan beton sudah rapi, ya!