POPULAR STORIES

Kenyamanan Mitsubishi Pajero Sport Teruji Saat Jelajah Kalimantan Di Hari Ketiga

Kenyamanan Mitsubishi Pajero Sport Teruji Saat Jelajah Kalimantan di Hari Ketiga Pajero Sport 4x4 menaklukan jalan berlumpur di Kalimantan Timur

KabarOto.com - Pada awal tahun 2020 ini, KabarOto mengadakan ekspedisi calon ibu kota baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menggunakan Mitsubishi Pajero Sport 4x4, menjelajah wilayah yang memiliki beragam medan jalan.

Setelah hari pertama dan kedua mengadakan perjalanan dari Balikpapan, menuju Samboja, hari ketiga mulai untuk menjelajah daerah Sepaku hingga Penajam Paser Utara, yang didominasi dengan kawasan perhutanan.

Rute yang dilewati berbeda dengan daerah sebelumnya yang didominasi oleh berbagai kondisi jalan mulai dari aspal hingga bebatuan. Menuju Penajam Paser Utara, jalanannya tak selamanya mulus. Jalan berlubang dan rusak kerap ditemui, truk-truk berukuran besar menjadi tersangka yang membuat jalanan tersebut rusak.

Rasa lelah seakan tidak terasa, karena interior Mitsubishi Pajero Sport ini sangat nyaman bagi pengemudi dan penumpangnya. Hingga membuat dua penumpang yang berada di baris kedua tertidur pulas melanjutkan mimpi yang tertunda di peristirahatan sebelumnya.

"Sayangnya, kursi bagian tengah tidak bisa disandar ke belakang karena penuh barang, tapi cukup nyaman, membuat kami tertidur sampai pulas," terang Rizky Fitriyanto, salah satu tim ekspedisi yang turut serta dalam perjalanan ini.

Duduk semakin santai, karena jarak kaki ke kursi maupun dasbor di depan yang jaraknya cukup membuat kaki lega. Musik pun kami putar untuk menghilangkan rasa bosan.

Kawasan Sepaku yang dipilih sebagai lokasi Istana Presiden ini, jika dilihat dari udara merupakan kawasan hutan yang luas. Namun di beberapa wilayah ada area pertambangan yang berada di tengah hutan.

Pada 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo menetapkan sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi ibu kota negara baru Indonesia dan sebagian wilayah kecamatan Sepaku menjadi salah satunya.

Kecamatan Sepaku luas kawasannya dua kali lebih besar dari wilayah DKI Jakarta, yakni sekitar 1.172,36 kilometer persegi.

Mitsubishi Pajero Sport 4x4 yang digunakan untuk menjelajah, dibekali dengan mesin diesel turbo berkapasitas 2.442 cc. Suspensi Pajero Sport cukup empuk dan nyaman, dibekali dengan sistem Double Independent Wishbone dipadu Coil Spring yang telah dilengkapi stabilizer pada suspensi depannya.

Memasuki wilayah kabupaten Penajam Paser Utara, disambut dengan jalanan beraspal mulus diselingi jalan beton. Sesekali harus menghentikan kendaraan, karena ada perbaikan jalan dan harus bergantian dengan mobil lain serta truk besar dari arah berlawanan.

Sesekali melewati perkampungan yang berada di pinggir jalan utama. Namun aktivitasnya tidak ramai seperti di jalur pulau Jawa. Mungkin karena mereka sibuk beraktivitas di kebun atau ladang.

Baca Juga: Ini Persiapan Hari Pertama KabarOto dan Mitsubishi Jelajah Kalimantan

Jalan tanjakan dan turunan di areal perbukitan menjadi tantangan tersendiri bagi Mitsubishi Pajero Sport, mesin dengan tenaga besar, rem ABS serta kontrol traksi menjadi modal utama. Meski jalan mulus namun tetap harus waspada, karena di beberapa ruas jalan tidak ada garis pembatas.

Saat malam hari, lampu utama berteknologi LED yang ada pada Mitsubishi Pajero Sport ini memberikan penerangan di jalan hutan yang tidak disinari oleh lampu-lampu jalan. Rasanya pas sekali menjelajah calon ibu kota baru di Kalimantan Timur ini dengan Mitsubishi Pajero Sport 4x4.