POPULAR STORIES

Hari Kedua KabarOto Dan Mitsubishi Jelajahi Kalimantan

Hari Kedua KabarOto dan Mitsubishi Jelajahi Kalimantan Mitsubishi Pajero Sport (Fayon)

KabarOto.com - Seperti diketahui, pemerintah berencana memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tim KabarOto pun meninjau langsung ke lokasi calon ibu kota baru tersebut, guna melihat secara nyata kesiapan infrastruktur, lalu lintas dan kualitas jalan.

Selama perjalanan, tim KabarOto menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport 4x4, sekaligus membuktikan keandalannya dalam menaklukkan segala medan.

Baca Juga: Ini Persiapan Hari Pertama KabarOto Dan Mitsubishi Jelajah Kalimantan

Hari pertama, tim ekspedisi telah melakukan pengecekan kondisi mobil agar selalu dalam kondisi prima. Memasuki hari kedua, tim memulai perjalanan menuju bukit Soeharto, yang berada di wilayah Samboja.

Namun, lokasi bukit Soeharto disebut tak akan tersentuh oleh pembangunan, karena statusnya sebagai hutan lindung. Oleh sebab itu, pembanguan fisik ibu kota baru akan dilakukan di wilayah sekitar.

Kecamatan Sepaku didominasi wilayah hutan

Samboja sendiri merupakan salah satu kecamatan, yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045 km2. Saat ini, kondisi jalannya sangat bervariasi, tak semua mulus.

Beberapa titik, masih ditemui jalan berlubang dan berbatu. "Namun Mitsubishi Pajero Sport yang kami gunakan andal untuk melibas medan off road maupun on road. Apa lagi dengan ground clearance yang tinggi, sehingga lebih aman," ujar Benny Suryakusumah selaku pimpinan ekspedisi.

Suasana alam Kalimantan

Lebih lanjut ia mengatakan, ground clearance yang tinggi itu berguna saat melintasi jalan dengan kontur beragam, mulai dari jalan aspal, beton, rusak parah, hingga jalur dengan kontur tanah merah.

Baca Juga: Mengenal Kecangihan Fitur Super Select 4WD-II Yang Ada Di Mitsubishi New Triton

Mesin diesel yang digunakan Mitsubishi Pajero Sport bermesin diesel turbo pun terasa tak kehabisan tenaga, saat melibas jalur perbukitan yang memiliki kontur jalan terjal.

Keandalannya makin lengkap, karena Mitsubishi Pajero Sport yang digunakan oleh tim ekspedisi dibekali kemampuan penggerak empat roda.