POPULAR STORIES

Berpotensi Timbul Karat, Mitsubishi Recall Pajero Sport Di Indonesia

Berpotensi Timbul Karat, Mitsubishi Recall Pajero Sport di Indonesia Ilustrasi perbaikan Pajero Sport (ist)

KabarOto.com - Ada kabar dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pasalnya, distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motor Corporation (MMC) di Indonesia tersebut, baru saja mengumumkan program field fix campaign atau kampanye perbaikan (recall).

Program recall tersebut ditujukan produk Sport Utility Vehicle (SUV) Mitsubishi Pajero Sport, karena ditenggarai mengalami kerusakan pada bagian tailgate gas spring. Kampanye ini akan melibatkan 77.196 unit Mitsubishi Pajero Sport yang diproduksi antara 2005 sampai 2015, untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Sebelumnya pihak MMKSI telah melakukan pemeriksaan, dan hasilnya perbaikan ini harus dilakukan karena disebabkan oleh ketidakcukupan lapisan anti-karat di area end cap outer tube pada tailgate gas spring (penyangga pintu bagasi), yang lama kelamaan menimbulkan karat pada outer tube.

Ilustrasi posisi tailgate gas spring sebanyak 2 pcs (LH dan RH)

Karat pada outer tube dapat menyebabkan end cap terlepas dan mencederai konsumen atau tailgate akan terjatuh secara tiba-tiba dan berpotensi menimbulkan cedera. Namun, hingga saat ini tidak ada laporan adanya insiden terkait kondisi tersebut.

“Program kampanye perbaikan ini merupakan wujud komitmen MMKSI untuk menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan, serta memberikan jaminan layanan purna jual yang berkualitas untuk para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI dalam keterangan resminya.

Perbedaan part lama dan baru

Mitsubishi pun telah melakukan improvement material tailgate, pada part baru dengan penambahan anti-korosi dan secara fisik dapat terlihat perbedaan desain end cap pada outer tube dibandingkan part lama.

Selain itu, perbedaan juga telihat pada inner tube, yang mana part baru berwarna steel chrome sedangkan part lama berwarna dark chrome.

Baca Juga: Profil - Nissan X-Trail

MMKSI melalui dealer di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan pemeriksaan dan penggantian suku cadang, kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini, tanpa dikenakan biaya apapun.

Kampanye ini sendiri telah dimulai awal bulan Oktober 2018, di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, dengan estimasi durasi perbaikan selama 60 menit.