POPULAR STORIES

Besarkan Merek Baze, Modifikator Bari Setiadi Meninggal Dunia

Besarkan Merek Baze, Modifikator Bari Setiadi Meninggal Dunia Baze (@baribaze)

KabarOto.com - Baze yang merupakan salah satu merek aftermarket ternama di Tanah Air memang cukup dikenal. Namun, Bari Setiadi, selaku pemilik merek dan modifikator tersebut meninggal dunia hari ini, Kamis (14/07).

Bari, sapaan akrabnya, meninggal dunia di usianya ke-49. diketahui, mendiang dikremasi di negeri seberang, yakni Penang, Malaysia.

Pria ramah yang lahir tahun 1972 tersebut awalnya merupakan seorang karyawan swasta yang hobi berkutat seputar audio saat waktu lowongnya. Siapa sangka, dari hobi itulah mengubah jalan Bari untuk akhirnya berkiprah di dunia audio mobil dan akhirnya namanya menjadi besar.

Baca juga: Jangan Salah Sebut, Ini Perbedaan Modifikasi Motorhome Dan Campervan

Toyota HiAce motorhome karya Baze yang hadir di IIMS 2022 (Foto: KabarOto)

Hal yang semula hanya merupakan hobi, berubah menjadi profesi yang serius ditekuninya dan menjadi pekerjaan tetapnya karena banyaknya permintaan untuk setting audio.

Merek Baze yang merupakan singkatan dari namanya sendiri itu, kemudian dikenal karena hasilnya yang kerap juara di berbagai kontes audio. Bahkan hanya untuk sekadar pemanja telinga di kendaraan harian. Kontes audio menjadi mainan akrab Bari, mulai dari kontes audio SPL (Sound Pressure Level) hingga SQ (Sound Quality) ikut serta.

Namanya menjadi dikenal kalangan pecinta audio, pada era kontes dahulu, Bari kerap membawa merek audio Rockford Fosgate, Soundstream dan masih banyak lainnya. Hasil karya audionya dikenal banyak pelanggan, karena pekerjaan carsmetic (instalasi audio) yang dikenal keren dan rapih.

Dunia audio mobil di Indonesia menjadi ramai karena kiprah Baze, karya mobil dengan audio-nya selalu menghiasi majalah-majalah modifikasi dan audio mobil di eranya. Bahkan kini, karya di setting interior mobil-mobil besar pun kerap menghiasi berbagai media online.

Baca juga: Laksana Luncurkan 3 Bus Dan 2 Motorhome Anyar

Hingga akhirnya di tahun 2006, dirinya mendapatkan tantangan untuk menyulap sebuah interior bus menjadi lebih privat, mewah dengan audio yang mumpuni. Ia pun memiliki konsep dengan mengubah tampilan kabin bus menjadi lebih mewah sekaligus membuang kesan monoton.

Bari Setiadi (Kiri) dan Bapak Airlangga Hartarto

Tak hanya bus, Bari pun kebanjiran permintaan untuk menggarap kabin mobil seperti Toyota HiAce maupun Hyundai H1 untuk jadi motorhome.

Hasil garapannya yang terakhir adalah interior Nissan Navara Maha Motorhome hasil kolaborasi dengan karoseri Laksana yang sempat mejeng di ajang IIMS 2022 beberapa waktu silam.

Dunia audio mobil memang kehilangan sosok legenda, kiprah Bari dari awal hingga akhir hayatnya selalu menampilkan sesuatu hal yang menarik, rapih dan inovatif.

Selamat jalan Bari Setiadi!