POPULAR STORIES

Jangan Salah Sebut, Ini Perbedaan Modifikasi Motorhome Dan Campervan

Jangan Salah Sebut, Ini Perbedaan Modifikasi Motorhome Dan Campervan Modifikasi motorhome pada Toyota Hiace (Foto: Sigit/Kabaroto.com)

KabarOto.com - Modifikasi mobil dengan jenis motorhome dan campervan memang tengah ramai di Indonesia.

Tapi, apakah Sobat kabaroto tahu jenis modifikasi memiliki perbedaan?

Meskipun mirip, jenis modifikasi motorhome dan campervan memiliki perbedaan. Di mana, campervan memiliki peralatan yang lebih lengkap karena penggunaannya lebih untuk camping di alam.

Fasilitas motorhome berupa sofa dan tv

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada campervan terdapat dapur dan kamar mandi. Sehingga modifikasi campervan membutuhkan dimensi mobil yang lebih besar ketimbang motorhome.

Baca juga: Modifikasi Toyota Yaris Bakpao Dibekali Supercharger

Sedangkan, modifikasi mobil menjadi motorhome lebih mengarah ke kenyamanan ketimbang keperluan untuk bertualang.
Modifikasi campervan pada Suzuki XL7

"Sebenarnya untuk membangun kendaraan menjadi sebuah motorhome atau campervan sebaiknya bentuknya yang boxy. Tapi, misalkan kendaraannya tidak berbentuk boxy bisa dilakukan penyesuaian bentuk eksteriornya," ungkap Umbu Tedy dari Baze Luxury Bus.

Motorhome itu kabinnya lebih identik dengan nyaman, seperti di rumah sendiri. Makanya interior mobil dengan modifikasi motorhome biasanya ada TV dan kasur juga, tapi belum tentu ada dapur sama toilet.

Baca juga: Modifikasi Toyota Hiace Premio Bergaya Motorhome, Berikan Kenyamanan Kabin Layaknya Kamar Hotel

Peralatan memasak pada campervan

"Modifikasi motorhome atau campervan memiliki fungsi yang berbeda. Tergantung pemiliknya, lebih memilih untuk bertualang atau membuat hotel berjalan," jelas Tedy.

Sebagai informasi, Hingga saat ini belum ada peraturan lalu lintas yang mengatur kendaraan modifikasi jenis campervan atau motorhome untuk melaju di jalan raya.

"Untuk saat ini belum ada peraturannya, tapi ke depannya akan ada peraturan lalu lintas untuk mobil modifikasi campervan dan motorhome," pungkas Tedy.