POPULAR STORIES

Besok 205 Ribu Kendaraan Akan Masuk Jakarta

Besok 205 Ribu Kendaraan akan Masuk Jakarta  Jalan Tol Bekasi Timur

KabarOto.com - Libur akhir tahun dimanfaatkan oleh warga Jabodetabek untuk pergi ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tenga dan juga Sumatera. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 205 ribu kendaraan akan masuk ke Jakarta, Minggu (03/01/2020). Prediksi tersebut naik 18,5% jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) new normal.

Jumlah kendaraan tersebut akan masuk melalui Gerbang Tol (GT) barrier/utama, Cikupa (arah Barat), Ciawi (arah Selatan) serta Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur). Prediksi dari arah Timur mencapai 56,4% dari total lalin. Sementara itu, untuk dari arah Barat sebesar 21,2% dan dari arah Selatan sebesar 22,4%.

Baca Juga: Mobil Operasional Jasamarga Disulap, Kampanyekan Penggunaan Masker

Sejak periode libur Natal dan Tahun baru total 1,2 juta kendaraan meninggalkan Jakarta sejak Rabu (23/12) sampai Kamis (31/12).

Sementara itu, untuk kendaraan menuju Jakarta pada periode sembilan hari yang sama, Jasa Marga mencatat sebanyak total 1,1 juta kendaraan. Lalin yang meninggalkan maupun yang menuju Jakarta tersebut merupakan komulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol yang disebutkan di atas.

Untuk mengantisipasi kepadatan di jalan tol, perusahaan pelat merah ini mengimbau, kepada pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Menghinari pulang bersamaan pada Minggu, (3/01/2021), yang menjadi puncak arus balik libur akhir tahun.

Jasa Marga berkoordinasi terus dengan pihak Kepolisian, memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Baca Juga: Jasamarga Lanjutkan Tahap Konstruksi Tol Manado-Bitung

Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.