Bikers ! Ini Yang Wajib Jadi Perhatian Saat Musim Hujan

Bikers ! Ini Yang Wajib Jadi Perhatian Saat Musim Hujan Gunakan jas hujan 2 piece, jauh lebih aman daripada ponco (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Curah hujan tinggi seperti yang terjadi belakangan ini, membuat pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara di jalan. Ada yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan jarak pandang terbatas.

Ada beberapa hal yang juga baiknya dipersiapkan ke dalam bagasi motor kesayangan. Herman Canopy, Supervisor dari Motoritz & Motobaiku menjelaskan jika perlengkapan tersebut wajib dibawa untuk memudahkan para bikers di musim penghujan dalam menjalani aktifitasnya.

Jas hujan tentu hal pertama kali yang harus masuk ke dalam bagasi motor. Akan tetapi, baiknya pengendara memilih jas hujan yang bebahan PVC dengan warna cerah agar tetap terlihat saat berkendara ditengah guyuran hujan yang deras. Hindari memilih jas hujan berbentuk ponco karena bagian bawahnya rawan tersangkut pada jeruji motor.

Baca Juga: Hai Bikers, Motoritz & Motobaiku Tawarkan Beragam Perlengkapan Buat Riding

Hal selanjutnya yang perlu dibawa adalah sarung tangan, penggunaan sarung tangan saat musim hujan sangat dianjurkan. Pilihlah sarung tangan yang mampu membuat cengkeraman tangan terhadap handle grip tidak meleset atau terlepas karena licin.

Musuh terbesar saat musim hujan adalah mogok di perjalanan. Salah satu faktor yang menyebabkan motor mogok adalah busi yang basah. Karena itu, menyediakan busi cadangan juga menjadi hal penting.

Untuk melengkapi keselamatan berkendara, pastikan ban motor anda memiliki daya cengkram maksimal di jalan basah. Hal ini mengingat situasi di jalanan yang licin saat turun hujan. Karena daya cengkram ban sangat berpengaruh saat melakukan pengereman mendadak. Stay safe ya sobat Kabaroto.