Bikers Peduli Kemanusiaan Kedepankan Kegiatan Sosial

Bikers Peduli Kemanusiaan Kedepankan Kegiatan Sosial Komunitas Bikers Peduli Kemanusiaan (BPK)

KabarOto.com - Berbeda dengan kebanyakan komunitas atau klub motor yang sering kita jumpai, Bikers Peduli Kemanusiaan (BPK) lebih mengedepankan kegiatan sosial di banding kegiatan bikers lainnya, namun tetap menjunjung tinggi rasa persaudaraan antar-sesama bikers.

Baca Juga: Anniversary ke-4 KOMVI Distrik Bekasi

kabarOto
Forum Bikers Peduli Kemanusiaan (BPK)

BPK merupakan perkumpulan bikers dari berbagai bendera komunitas motor, yang memiliki satu pemikiran untuk selalu membantu meringankan beban orang-orang sekitar yang kurang mampu atau lebih membutuhkan. Seperti membantu korban bencana, pengidap penyakit hingga membantu anak-anak telantar.

"Kami dari BPK memang lebih fokus pada kegiatan sosial, seperti membantu korban bencana alam, penderita penyakit dan membantu para anak-anak telantar. Tujuannya memberikan efek peduli dan memberikan contoh kebaikan pada para bikers khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya. Kami juga tidak menutup diri dari kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas dan klub motor pada umumnya, seperti turing, sowan, dan menghadiri kegiatan komunitas dan klub juga kegiatan otomotif," ungkap Efendy Sanjaya, Ketua Bikers Peduli Kemanusiaan kepada kabarOto.

Bikers Peduli Kemanusiaan terbentuk 18 Maret 2017, yang diprakarsai para bikers dari dua negara, Indonesia dan Brunei Darussalam. Dari Indonesia terdapat beberapa bendera komunitas, seperti komunitas motor Smookers Indonesia MC, Blood Brothers, Avatar, BIS Jakarta, FMBC Bekasi, NRVS Bekasi, ABC Jakarta, Family SUE, SR Jati Asih, SR Kirik, SR BMW, SR Nouvo, dan BARRACCUDA. Pradian Bikers MG dan Freeline Bikers MG, keduanya merupakan bendera komunitas yang berasal dari Brunei Darussalam.

BPK memiliki Visi

1. Menjalin, menjaga dan mempererat tali persaudaraan antar-sesama klub/Komunitas/SR/SF motor dan masyarakat umum.
2. Sebagai perkumpulan untuk mengembangkan dan memperkenalkan bahwa bikers juga memiliki jiwa sosial.
3. Menjadi organisasi yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi.
4. Menjadikan klub/komunitas/SR/SF sebagai wadah untuk hal yang bermuatan positif.
5. Diharapkan untuk bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam etika berkendara yang baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Misi BPK
1. Menciptakan komunitas atau organisasi yang cerdas, kreatif dan peduli serta memberikan manfaat khususnya bagi para anggota bikers. Peduli kemanusiaan dan umumnya pada organisasi atau komunitas lain serta masyarakat luas.
2. Menyatukan dan mengerahkan inspirasi, ide, semangat dan keinginan para anggota dalam kegiatan – kegiatan yang positif.
3. Mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan untuk selalu berjiwa sosial.
4. Menjadi wadah pertukaran informasi yang produktif dan positif mengenai hal–hal yang bersangkutan dengan sosial.
5. Menjalin silaturahmi sesama bikers.
6. Menjadikan contoh kepada anggota dan masyarakat dalam pola berkendara yang aman (safety riding) dan tertib ber-lalu lintas.

kabarOto
"Ngecrek" salah satu cara para bikers mencari dana bantuan untuk kegiatan sosial

Meski baru setahun terbentuk, BPK sudah sering melakukan kegiatan sosial dengan membantu beberapa anak pengidap penyakit yang memerlukan bantuan materi. Di mana dana yang di dapatkan oleh BPK berasal dari urunan komunitas, juga kegiatan "ngecrek" di jalan dari pemberian para penggendara dan pengguna jalan.

Minggu (15/4/2018) nanti, BPK melakukan kegiatan santunan anak yatim dan piatu di Jalan H. Radian 4, Rt 03 Rw 03 di Musala Nurul Komar, Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat.

"BPK kembali akan menggelar kegiatan sosial berupa santunan anak yatim dan piatu di wilayah Bekasi, dan kami berharap para bikers dapat berpartisipasi dan bergabung bersama BPK dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial kali ini," pungkas Indra Gunawan wakil ketua dari BPK.

BPK memiliki lokasi kumpul di Jalan Bekasi Raya, tepatnya di Afla Kopi Nusantara Jalan Raya Sultan Agung Km.28 Bekasi.