POPULAR STORIES

NMAA Gandeng Modifikator Produksi Dan Berdonasi APD Ke Tenaga Medis

NMAA Gandeng Modifikator Produksi dan Berdonasi APD ke Tenaga Medis Kipli/NMAA

KabarOto.com - Alat Perlindungan Diri (APD) kini ternyata dapat dibuat dengan mudah, dengan dana terbatas, serta dapat dilakukan secara mandiri. APD yang memadai sangat diperlukan para petugas medis untuk menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lini depan. Ironisnya, di tengah pandemi ini kelangkaan APD cukup memprihatinkan.

Nah, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) beberapa waktu lalu sempat membagikan cara membuat APD berupa face shield atau pelindung wajah.

Selain membantu menambah kebutuhan APD di rumah sakit, NMAA juga mendorong para pecinta otomotif dan modifikasi bersolidaritas dalam meringankan kepentingan para petugas medis tersebut.

Unggahan Instagram TV @nmaa.id menjelaskan secara singkat cara pembuatan face shield mandiri dengan alat-alat yang mudah di dapat.

Face shield yang terbuat dari plastik mika berukuran 32 cm x 25 cm memiki tebal 0,3 milimeter kemudian dipasangi karet untuk memudahkan pemakaian.

Mulanya plastik mika dipotong sesuai ukuran yang direkomendasikan, potong busa ati setebal 1 cm dengan ukuran 25 cm mengikuti ukuran lebar masker dan panjang mencapai 10 cm.

Kemudian mika yang sudah dipasang busa ati dapat ditambahi dengan karet yang biasa dipakai untuk karet celana sepanjang 30 cm, lumuri busa ati dengan lem agar dapat di rekatkan ke plastik mika.

Nantinya dapat menahan dahi saat digunakan. setelah itu, pasang tali karet dengan staples. Sangat mudah bukan?

Baca Juga: Didukung NMAA, Sunsets Weekend Autofest Pontianak Sukses Digelar

Selama proses tersebut, ada baiknya membuat pola awal untuk menjadi acuan membuat masker dengan jumlah tertentu. Alat yang dibuat secara DIY ini dapat melindungi area wajah para petugas medis saat stok kebutuhan APD mengalami kelangkaan.

Selain itu jika dikalkulasikan, hanya membutuhkan budget sebesar Rp 7.000 setiap satu buah face shield.

“Kami sangat berharap ide custom face shield ini bisa menjadi inspirasi untuk banyak bengkel/modifikator dapat saling berbagi, Indonesia pasti segera pulih,” ujar Andre Mulyadi, founder dari NMAA optimis menambahkan.

Campaign tersebut hingga kini diikuti oleh sejumlah member NMAA yang didominasi oleh para modifikator lokal, seperti bengkel modifikasi dan reparasi lampu mobil Yoong Motor Indonesia, bengkel khusus interior mobil Vertue Concept di Jakarta, bengkel modifikasi DJ Custom di Bekasi, bengkel modifikasi interior Platinum Car Care Centre di Banjarmasin, bengkel modifikasi Surya Auto Custom di Makassar dan tak terketinggalan bengkel modifikasi asal Bandung ZC Distromotive.

Hingga saat ini total Face Shield yang sudah dibagikan di wilayah domisili para member tersebut diperkirakan mencapai hampir 1.500 pack untuk kemudian dibagikan ke sejumlah rumah sakit seluruh Indonesia.

NMAA berharap sejumlah APD untuk para pejuang medis dapat diproduksi oleh para modifikator lokal.

Tak hanya itu, sejumlah masyarakat dapat berpartisipasi untuk saling bahu-membahu mencegah penyebaran Covid-19 yang menjamah hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

Jaga diri dan kesehatan, rekan dan keluarga terdekat. Lebih baik #dirumahaja