POPULAR STORIES

Bisa Bikin Kecelakaan, Ini Beda Ban Dalam Berkualitas

Bisa Bikin Kecelakaan, Ini Beda Ban Dalam Berkualitas VMX, parktools

KabarOto.com - Ban dalam palsu masih banyak beredar yang dapat mencelakakan penggunanya. Jangan sampai tertipu! Sobat KabarOto harus lebih teliti terhadap ban dalam motor palsu yang masih banyak beredar.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC di Indonesia mengamini dengan mengatakan kalau ban dalam palsu bisa membuat kecelakaan fatal untuk penggunanya.

Bahaya pertama yang muncul adalah ban dalam bisa tiba-tiba robek atau pecah ketika digunakan. "Itu karena unsur bahan kimia di ban dalam palsu lebih banyak dibanding karet. Itu membuat ban dalam palsu kehilangan daya elastis karet sehingga mudah pecah atau robek," ucap Dodi sapaan akrabnya.

Baca Juga: IRC Perkenalkan Ban RMC830 Untuk Balap Dan Harian

Menurutnya, ban dalam orisinal yang memiliki kualitas baik memiliki aroma karet dan kimia yang tak menyengat, sedangkan yang palsu terasa menyengat karena bahan kimianya lebih banyak ketimbang karet.

Selain itu, dudukan pentil ban dalam juga rawan rusak atau robek ketika ban digunakan. “Itu disebabkan karena karet ban dan karet dudukan pentil tidak senyawa sehingga mudah getas dan bocor,” yakin Dodi.

Nah, hati-hati dalam memilih ya, Sobat KabarOto!