POPULAR STORIES

BMW 3-Series Touring Tawarkan Kepraktisan Lebih Baik

BMW 3-Series Touring Tawarkan Kepraktisan Lebih Baik Sumber: carscoops

KabarOto.com – Baru-baru ini BMW meluncurkan Seri 3 Touring (G21) untuk konsumen yang mengincar kepraktisan lebih baik dibanding Seri 3 sedan (G20).

Dilansir dari Carscoops.com, BMW Seri 3 Touring (G21) lebih besar dibanding dengan model sebelumnya, Seri 3 Touring (F31). Panjangnya 4,709 mm, lebar 1,827 mm, dan tinggi 1,470 mm dan sumbu roda mencapai 2,851 mm. Bertambahnya ukuran dimensinya, membuat kabin mobil ini lebih lega. Meski mobil ini makin melar di segala sisi, namun bobotnya lebih ringan 10 kg dari model F31, karena penggunaan bahan baku alumunium dan high-stregth steel.

Untuk bagian depannya sangat identik dengan BMW Seri 3 sedan, sehingga sulit membedakan keduanya. Kini double kidney grill-nya membesar, lampu depan baru full LED (laser light sebagai opsional) termasuk foglamp juga sudah LED. Dari sisi samping baru terlihat perbedaannya dengan sedan, bagian belakang yang lebih panjang untuk mengakomodir ruang bagasi.

Baca juga: BMW Seri-3 Terbaru Siap Rilis Di India

Saat membuka pintu bagasi, anda akan mendapat ruang bagasi dengan kapasitas 500 liter saat semua kursi tegak. Jika masih kurang, anda dapat melipat kursi belakang sehingga tersedia ruang sebesar 1.510 liter. Jika ingin memasukan barang juga mudah karena bagasi yang rendah, atau bisa hanya membuka jendelannya saja karena pintu bagasinya terbagi menjadi dua.

Untuk bagian interior juga sama persis dengan Seri 3 sedan, dengan desain interior baru sesuai dengan desain BMW masa kini yang sudah diterapkan di BMW Seri 8. Terdapat instrumen digital 12.3 inci dan layar infotainment 10.25 inci dengan BMW Operating System 7.0 terbaru.

Untuk urusan mesin BMW memberikan tiga pilihan mesin bensin dan diesel, tetapi tidak semua negara mendapatkan tiga pilihan mesin ini. Untuk mesin bensin ada dua mesin 4 silinder dan 6 silinder, mulai dari 320i Touring dengan 184 dk dan 258 dk untuk BMW 330i Touring. Untuk varian tertinggi dengan mesin 6 silinder bertenaga 374 dk untuk varian M340i xDrive Touring. Sementara mesin diesel memiliki pilihan mesin 4 silinder dua varian dan 6 silinder, untuk varian tertinggi 6 silinder akan hadir di 330d xDrive Touring dengan tenaga mencapai 265 dk.

Baca juga: BMW Seri 8 Gran Coupe Akan Meluncur Akhir 2019

Untuk varian 4 silinder diesel menggunakan transmisi manual 6 percepatan, tetapi ada opsi transmisi otomatis dengan 8 percepatan Steptronic. Jadi, untuk semua varian Seri 3 Touring telah menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan yang sudah menjadi standar.

BMW mengatakan, jika Seri 3 Touring ini lebih sporty dibanding pendahulunya, karena center of gravity-nya lebih rendah dan distrubusi beratnya 50-50. Selain itu bodi mobil yang lebih rigid 25 persen.

Untuk pilihan varian akan hadir dalam Sport Line, Luxury Line dan M Sport. Akan mulai dipasarkan mulai 28 September mendatang di beberapa negara seperti Eropa, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia dan New Zealand. Lalu apakah Indonesia akan mendapat bagian mobil estate ini? Kita tunggu saja kehadirannya. (Rizky Hidayat)