BMW 328i F30 Standar Pakai BBM Oktan 90 Ikut Drag Race, Kok Bisa?

BMW 328i F30 Standar Pakai BBM Oktan 90 Ikut Drag Race, Kok Bisa? Foto: Kipli

KabarOto.com - Ingat beberapa tahun silam ketika BMW berkode F30 sedang ramai-ramainya turun di ajang drag race nasional dan daerah. Mayoritas mobil-mobil tersebut mengadopsi body kit M Performance dan pelek aftermarket sebagai ciri estetika.

Nah, beda halnya dengan Ali Said Romdon selaku pemilik BMW 328i bertampang standar ini. Pria kelahiran 1977 ini justru enggan terlihat mencolok dengan modifikasi eksterior, namun mulai keranjingan drag race. Memangnya, apa saja ubahan mobil ini?

Baca juga: Berkat TUSS, Performa Yamaha Xmax Meningkat dan Irit

Ia sedikit berbisik soal rahasia dapurnya pada KabarOto, yakni seputar modifikasi yang tergolong ringan. "Ini hanya di TUSS (Tune Up Semi Sport) dan tuning chip," bukanya singkat. TUSS adalah paket tune-up dari bengkel Provis Autolab yang telah berdiri di kawasan Pondok Ranji, Tangerang Selatan belasan tahun silam.

"Cara kerja TUSS ini adalah melakukan penyempurnaan ruang bakar dan saluran suplai bahan bakar, seperti pada mobil ini. Hasilnya akan meningkatkan efisiensi kinerja mesin dan menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih rendah dari seharusnya," ujar Stevanus Jasin selaku punggawa bengkel Provis Autolab.

Pemilik mobil ini juga menimpali, sejak melakukan TUSS, mobil lansiran 2012 justru terasa lebih bertenaga. Namun bisa menenggak bahan bakar oktan 90, yang notabene di bawah oktan standar yang direkomendasikan pabrikan Jerman tersebut.

Bahan bakar dengan nilai oktan 90 digunakan untuk sehari-hari sebagai bahan bakar mobilnya, karena menurutnya sudah memberikan tenaga melimpah dan tidak knocking.

"Mobil era sekarang sudah pakai turbo, tenaga bagus, komsumsi bahan bakar irit namun kendala di oktan harus RON 95 ke atas. Nah teknologi TUSS ini bikin mobil bisa degradasi bahan bakar dengan menggunakan oktan 90, membuat mobil jadi berbeda dengan mobil-mobil turbo lainnya, saat isi bahan bakar sering dilirik dan ditanya apa tidak merusak mobil? jadi ada kebanggaan tersendiri," ujar penikmat kuliner soto Betawi itu.

Baca Juga: Test Drive MINI John Cooper Works Countryman 2020 - MINI Tercepat Saat Ini

Soal balap, hampir semua kejuaraan drag race pernah diikuti. Pehobi balap dan modifikasi itu bilang kalau ia sempat memulai balap drag race di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat dan beberapa kejuaraan daerah. "Ya, tapi sejak Covid-19 ini harus 'rem' dulu, karena kalender balapnya juga lagi vakum," lanjut pehobi kudapan pempek tersebut.

Hasilnya, sedan ini sanggup melahap lintasan 402 meter dengan catatan waktu 14,7 detik pada ajang Sentul Drag Fest yang diselenggarakan 14-15 Maret 2020 silam, Ia pun menyabet podium ketiga di ajang tersebut.

"Saat balap drag isi BBM oktan 98, saat start juga tidak gaspol alias diurut karena overspin. Sehari-hari sih pakai BBM oktan 90. Saya rasakan isi BBM oktan 98 dan 90 hampir sama saja rasanya, tak ada yang signifikan," ujarnya.

Ia bilang, belum ada rencana lanjutan modifikasi karena ingin memaksimalkan kondisi yang ada dahulu. Terlebih lagi, setelah Covid-19 akan banyak ajang balap yang bisa diikuti yang ia bilang dapat mengasah waktu tempuh lebih baik lagi. Mantap!

Modifikasi

TUSS by Provis
Tuning chip ECU
Ban Michelin Pilot Sport 225/45 18 inci
Big brake kit Brembo