POPULAR STORIES

Test Drive MINI John Cooper Works Countryman 2020 - MINI Tercepat Saat Ini

Test Drive MINI John Cooper Works Countryman 2020 - MINI Tercepat Saat Ini Foto: Kipli

KabarOto.com - Banyak pabrikan mobil Eropa yang kini melengkapi varian mobilnya agar mengacu kepada kasta tertinggi di silsilah keluarganya. Sebut saja BMW dengan varian M Sport maupun MINI Countryman yang dibekali varian aksesoris John Cooper Works (JCW).

Memang, varian tersebut mendongkar penampilan secara drastis menyerupai kasta tertinggi layaknya BMW M-Series maupun MINI John Cooper Works, mulai dari pelek, body-kit, hingga di bagian kabin seperti setir dan jok. Namun, tetap saja jika berbicara performa, hanya kasta tertinggi masing-masing pabrikan yang dibekali dapur pacu paling sangar.

Kita sedang membicarakan mobil yang sempat KabarOto uji selama 4 hari, yakni mobil MINI Cooper yang tercepat hingga berita ini diterbitkan, yakni MINI John Cooper Works Countryman 2020.

Secara dimensi dan penampilan, JCW rakitan terbaru ini memang tak jauh berbeda dengan varian Countryman S yang juga pernah KabarOto tes. Namun, JCW terbaru ini disematkan beberapa detail terbaru yang belum ada di varian Countryman lainnya.

Baca Juga: Test Drive MINI Cooper S Countryman - Rakitan Lokal Dengan Fitur Melimpah

Hal tersebut mencakup pelek JCW Circuit 19 inci dengan desain terbaru yang dibuat lebih 'kotak' dan kaku seakan ingin menunjukkan bahwa mobil ini lebih berotot. Adapun bagian mirror cover pada spion eksterior yang dibuat lebih aerodinamis yang bisa mereduksi kebisingan dalam kabin sekaligus menghasilkan aerodinamika yang lebih baik.

Memasuki kabin, bucket seat JCW memegang erat tubuh pengemudi, menandakan mobil ini siap dipacu kapanpun. Saat mesin dinyalakan HUD headliner antrachite muncul dari depan dasbor pengemudi sehingga tak perlu repot-repot memecah konsentrasi berkendara ketika memantau putaran mesin dan kecepatan, sekaligus melihat daftar lagu yang dapat diganti di tombol kanan pada setir.

KabarOto pun awalnya penasaran dengan mobil kencang yang masih memiliki fitur Green pada driving modes. Berkendara selama 4 hari di jalur Pamulang - Bintaro - Gading Serpong - Alam Sutera - BSD di mode tersebut, kami mendapatkan angka 11,2 kpl.

Baca Juga: Test Drive BMW 530i M Sport CKD - Serba Nyaman Dengan Paket M Sport