BMW 8 X Jeff Koons, Setiap Unit Memakan Waktu Produksi 285 Jam

BMW 8 X Jeff Koons, Setiap Unit Memakan Waktu Produksi 285 Jam Seniman Amerika Jeff Koons membuat karya di BMW M850i xDrive Gran Coupé

KabarOto.com - Para kolektor sepertinya akan mengejar edisi khusus BMW M850i xDrive Gran Coupé hasil kolaborasi dengan seniman Jeff Koons. Karena hanya ada 99 unit saja BMW 8 X Jeff Koons dibuat di BMW Group Plant Dingolfing.

Adapun untuk mendukung karya Jeff Koons, BMW Group Plant Landshut memberikan dukungan panel plastik termasuk bumper, side-sills, rumah spion, pegangan pintu, dan tailgate. Semua dibuat dengan kepresisian tinggi.

Baca juga: BMW Seri 8 Langsung Rilis 3 Model M850i xDrive



"Tantangan terbesar adalah memahami dan menangkap semangat dari seniman sejak awal dan mengimplemetasikan keinginan secara detail buatan tangan dengan proses dibuat terbatas," ujar Hermann Knott, head of Production Paint and Finish.

Detail paling rumit adalah di bagian buritan, di mana ada tujuh warna sekaligus dan duabelas lapisan cat dengan ketebalan tak sampai 250 mikron. Sebagai perbandingan, ketebalan rambut manusia hanya 100 mikron.



Sedangkan elemen utama bagaimana mewujudkan desain dari lembaran kertas ke bentuk tiga dimensi, sesuai dengan lekukan kendaraan. Caranya adalah menggunakan program komputer disambungkan projector laser untuk menjamin akurasi setiap detailnya. Laser kemudian membentuk setiap lekukan sesuai desain gambar. Setiap lapisan sebelumnya sudah ada gambarnya, tentu hal ini perlu pengalaman tahunan.

Adapun untuk tiap produksi satu unit 8 X Jeff Koons memakan waktu hingga 285 jam untuk mengaplikasikan seluruh lapisan cat dengan total sebelas warna berbeda dan biru ke perak dan kuning ke hitam. bahkan para seniman yang terlibat memakai kaca pembesar untuk memastikan kerapiannya. Ini artinya hanya dua mobil diproses setiap pekannya.



Tak hanya bagian eksterior, namun rancangan Jeff Koons juga dipadukan ke tatanan interior. Berbagai warna dipadu padankan dan memakai kulit terbaik, menyesuaikan kualitas senimannya.

Baca juga: BMW Seri 8 Frozen Black Edition, di Jepang Jatah 20 Unit!

Jok memadukan wana merah dan biru seperti warna pahlawan komik dan dipadukan kekuatan BMW M. Oh iya, tarikan desain dan gambar "POP!" di bagian samping bodi belakang terinspirasi dari BMW Art Car tahun 2010 yang dibuat oleh Koons.