BMW EcoPaintJet Pro, Bisa Print Livery Tanpa Stiker

BMW EcoPaintJet Pro, Bisa Print Livery Tanpa Stiker

KabarOto.com – BMW punya teknologi baru dinamakan EcoPaintJet Pro. Alat ini pada dasarnya alat cat canggih yang memungkinkan personalisasi semacam livery, namun menggunakan cat bukannya stiker seperti biasanya.

EcoPaintJet Pro bekerja tanpa elektrostatik, melainkan mengandalkan aplikasi jet. Proses ini menggunakan pelat lubang yang memungkinkan detail di tepian dengan tingkat presisi tinggi ketebalan antara 1 mm dan sekitar 50 mm.

Alat itu juga memungkinkan BMW untuk menerapkan kepresisian warna, sehingga dapat melakukan pekerjaan cat dual tone tanpa menutupi bagian dasar demi menghindari overspray. Contohnya seperti garis balap di bagian kap mesin.

Baca Juga : Hadir Di Jepang, BMW X7 Nishijin Edition Dibuat Hanya 3 Unit

Alat ini juga menghasilkan lebih sedikit limbah karena tidak ada overspray. Pemisahan cat tidak lagi diperlukan, sehingga lebih sedikit udara bertekanan yang dibutuhkan. Alhasil penghematan 6.000 MWh untuk setiap 7.000 jam operasi.

“Kami mengharapkan standar efisiensi, keberlanjutan, dan digitalisasi tertinggi dari produksi kami. Teknologi pengecatan pintar ini memenuhi semua persyaratan untuk proses produksi yang inovatif dan juga menawarkan manfaat unik bagi pelanggan,” kata Milan Nedeljkovic, kepala produksi BMW AG.

Baca Juga : BMW I3 Unique Forever Edition Dibuat Terbatas 2000 Unit

Seperti di contoh, praktek EcoPaintJet Pro dilakukan di BMW 19 M4 untuk jadi simpanan koleksi BMW. Cat diaplikasikan di beberapa bagian seperti kap mesin, dan pintu bagasi belakang. Ke depannya mungkin BMW memungkinkan para konsumen mempersonalisasi mobil mereka masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkait