POPULAR STORIES

BMW Kembangkan Fitur Active Cruise Control Untuk Sepeda Motor

BMW Kembangkan Fitur Active Cruise Control untuk Sepeda Motor Ilustrasi fitur ACC (BMW)

KabarOto.com - Sobat kabarOto mungkin sudah mengenal fitur Adaptive Cruise Control, yang telah disematkan di beberapa mobil keluaran terbaru. Fitur tersebut, dinilai lebih canggih dari Cruise Control.

Sebab, selain membuat pengemudi tak perlu lagi menginjak pedal gas untuk mengatur kecepatan, fitur tersebut juga dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depannya, agar terhindar dari potensi kecelakaan.

Baca Juga: Profil - Nissan X-Trail

Kini, fitur tersebut rupanya juga akan diadaptasi pada sepeda motor. Adalah BMW, sebuah produsen sepeda motor mewah asal Jerman, yang berencana menerapkan fitur canggih tersebut pada motor buatannya.

Mirip dengan fitur yang ada di mobil

Dikembangkan bersama dengan mitra teknologinya Bosch, fitur yang dinamakan BMW Motorrad Active Cruise Control (ACC) itu, bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan lebih aman.

Terutama, untuk pengendara yang gemar melakukan turing jarak jauh. Sama seperti pada mobil, fitur ACC nantinya secara otomatis akan mengatur kecepatan yang ditentunkan oleh pengendara dan jarak ke kendaraan di depan.

Ketika kendaraan di depan melambat, ACC otomatis juga memperlambat kecepatan motor dan menjaga jarak. Menariknya, fitur ini tak hanya berguna untuk jalan lurus saja, melainkan juga saat menikung.

Mengatur jarak dengan beberapa level

Baca Juga: Helm Ternyata Ada Masa Berlakunya Sob!

Sistem akan menghitung kecepatan dan sudut miring yang nyaman, serta menjaga pengendara dari pengereman mendadak. Sehingga, pengendara bisa berbelok dengan maksimal dan stabil tanpa harus terjatuh.

Sayang, BMW belum mengungkap model apa yang pertama kali akan menggunakan fitur canggih tersebut. Namun, dari gambar yang ditampilkan oleh BMW, kemungkinan besar fitur ACC ini akan diaplikasikan pada motor turing K1600.