POPULAR STORIES

BMW M8 E31, Purwarupa Bermesin V12 Gagal Masuk Jalur Produksi

BMW M8 E31, Purwarupa Bermesin V12 Gagal Masuk Jalur Produksi BMW M8 E31 1991, Sumber Foto : BMW Group

KabarOto.com – Sepanjang sejarah pabrikan mobil, ada banyak model yang telah menjadi ikon dan dikenang karena desain, mesin atau kualitasnya yang berbeda.

Tetapi, ada beberapa mobil yang tidak luput dari perhatian dan saat ini hanya diketahui oleh penggemar saja. Salah satunya adalah BMW M8 pertama dalam sejarah yang tersedia hanya satu unit. BMW Seri 8 berkode E31 ini merupakan sebuah unit pengembangan, tetapi dibatalkan dan tidak pernah masuk jalur produksi massal.

Baca juga: BMW Alpina B8 Gran Coupé, Tetap Usung Kenyamanan

Karena hal tersebut, banyak yang menggangap bahwa BMW M8 pertama sebenarnya diluncurkan oleh pabrikan Bavaria tersebut pada 2019 lalu. Unit purwarupa hasil BMW M GmbH yang berusia 30 tahun ini akhirnya tampil ke publik.

Sedikit sejarah, pada awal era 1990-an pihak pabrikan tengah mengembangkan varian Seri 8 dengan varian 850i. Sebuah varian bermesin V12 5.000 cc yang menghasilkan tenaga 300 dk. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga: BMW E1, Mobil Purwarupa Listrik Pertama Tim Bimmer

Varian bermesin besar ini tentu untuk melawan rivalnya yakni Mercedes-Benz 600 SE/SEL bermesin V12 dengan tenaga 408 dk. Karena mesin V12 milik BMW ini masih kurang tanaga, akhirnya pihak pabrikan memasang mesin V12 berkode S70/2 yang mampu menghasilkan tenaga 640 dk dan torsi maksimum 650 Nm.

Mesin tersebut dipakai untuk balapan Le Mans dua kali pada McLaren F1 GTR tahun 1995 dan BMW V12 LMR pada 1999. Lanjut ke BMW M8 E31, soal tampilan mobil ini menganut lampu model terintegrasi di bumper dengan model pipih. Selain itu, penggunaan bumper, spion baru dan kap mesin dengan beberapa intake udara untuk mengalirkan udara lebih baik.

Tampilan mesin

Baca Juga : Video Review BMW S1000XR, Motor Untuk Penggemar Touring

Pada bagian interior, ada beberapa perbedaan dari Seri 8 pada masanya. Seperti penggunaan kursi model bucket, alat pengukur tambahan yang menampilkan tekanan oli mesin, suhu mesin dan air.

Selain itu, bobot mobil ini lebih ringan berkat penggunaan komponen berbahan karbon, seperti kap mesin, pintu dan bagasi serta pelek dan jendela plastik, alhasil mobil ini hanya memiliki bobot 1.450 kg saja. Menurut beberapa sumber, mobil ini hanya tersedia satu unit saja di dunia, alias yang memiliki mobil ini hanya pihak BMW M GmbH saja.