BMW Alpina B8 Gran Coupé, Tetap Usung Kenyamanan

BMW Alpina B8 Gran Coupé, Tetap Usung Kenyamanan

KabarOto.com - BMW Alpina B8 Gran Coupé menjadi pilihan terbaru bagi penggemar supercar di Amerika Serikat. Sedianya sudah di diler pada bulan Juni 2021 dengan harga $139.900.

Menjadi salah satu list bila Sobat KabarOto menyukai brand Jerman dan juga mengagumi racikan Alpina Burkard Bovensiepen GmbH & Co. KG.

Baca juga: BMW Alpina XB7, Anda Sudah Telat Pesan!

Sekadar mengingat sejarah, spesialis performa asal Buchloe, Jerman ini didirikan oleh Burkard Bovensiepen memang gemar akan mobil, meski bisnis awalnya adalah mesin ketik dan industri tekstil. Kemudian sukses bermain saham dan mulai serius di industri otomotif pada 1 Januari 1965 di Kaufbeuren.

Awalnya hanya memasok tuning karburator dan crankshaft dan akhirnya menjadi perbincangan hangat di dunia balap tahun 1970. Sukses di European Touring Car Championship, German Hillclimb Championship, di dunia reli hingga Spa 24 Hours. Bisingnya dunia balap membuat Alpina mencoba mundur tahun 1988 dan serius meracik mobil bersama BMW.



Kembali mengulas Alpina B8 Gran Coupé, Mesin V8 berkapasitas 4.400 cc diklaim punya semburan tenaga hingga 612 dk pada 5.500 rpm dan torsinya 800 Nm yang sudah tercurah mulai dari 2.000 rpm hingga bertahan di 5.000 rpm.

Soal suara knalpot, Alpina punya ramuan khusus meski berbagan stainless-steel. Diyakini mampu mereduksi backpresure dan bisa melantangkan teriakan kuat mesin V8. Pengendara juga bisa memilih suara sesuai situasi dan kondisi, mau Comfort atau Sport. Tinggal menekan kontrol bukaan knalpotnya.



Tentunya ini menarik dieksplorasi bagi penggemar akselerasi, apalagi di atas kertas sudah bubuhkan 3,3 detik untuk raih 0-96 kpj. Sedangkan melesat 0-402 meter hanya perlu 11,5 detik. Adapun kecepatan tertingginya 323 kpj.

Agar imbang dengan performa galak, pastinya suspensi dibuat lebih mantap melindas aspal. Tapi tetap melaju elegan dan nyaman masih menjadi fokus utama. Di sini pengendara bisa melakukan setelan Comfort + atau Sport +.



8-Speed Sport Automatic Transmission dengan Alpina Switch-Tronic menjanjikan tenaga tetap terisi di berbagai putaran mesin. Buatan ZF, memastikan transmisi 8HP76 bisa diandalkan tanpa mengesampingkan kenyamanan.

Tongkrongan juga tak dikesampingkan, gunakan pelek ukuran 21 inci Alpina Classic dengan 20 bilah. Pelek ini juga menjadi bagian identitas BMW Alpina B8 Gran Coupé dan langsung bisa diketahui. Perihal bannya gunakan profil 245/35-ZR21, sementaran ban belakang 285/30-ZR21.

Baca juga: BMW Seri 3 Diesel Paling Buas Garapan Alpina

Selain itu kaliper berwarna biru lansiran Brembo dengan empat piston mengawal cakram berdiameter 15,6 inci untuk depan dan. Sedangkan untuk kaliper belakang model floating mengawal cakram 15,7 inci.



Paket menarik bagi yang ingin tampil beda adalah, Sobat KabarOto bisa memilih atap karbon, pelek 20 inci Alpina Classic dengan ban all-season 245/40-ZR20 untuk depan dan 275/35-ZR20 untuk belakang.

Berita Terkait

Berita Terkait