BMW Seri 3 Diesel Paling Buas Garapan Alpina

BMW Seri 3 Diesel Paling Buas Garapan Alpina Sumber Foto : Alpina

KabarOto.com – Pada Oktober lalu, Alpina meluncurkan B3 model sedan dan wagon yang berbasis Seri-3 G20. Dan kini untuk melengkapi line-up seri-3, Alpina meluncurkan versi tuning dari BMW 330d xDrive terbaru.

Diberi nama Alpina D3 S, memiliki gaya yang sama dan peningkatan sasis seperti B3 bermesin bensin, tetapi versi tuning kali ini bermesin diesel turbo dari BMW.

Baca Juga : Alpina B3 Godaan Para Penggemar BMW M3

Berkat hasil tuning dari Alpina, mesin 3.000 cc turbocharged ini dapat menghasilkan tenaga 350 dk dan torsi 730 Nm, lebih besar 15 dk dan 30 Nm dari flagship M340d.

Dengan peningkatan performa ini, D3 S mampu melesat 0-100 kpj dalam 4,6 detik untuk varian sedan dan 4,8 detik untuk varian wagon. Selain itu, kecepatan maksimalnya menyentuh angka 273 kpj untuk sedan dan versin wagon adalah 270 kpj.

Tidak hanya kencang, konsumsi bahan bakar juga terhitung impresif dengan torsi maksimal yang dapat diraih sejak 1.750 rpm. Alpina D3 S juga menjadi model pertama yang digarap Alpina dengan teknologi mild-hybrid, konsumsi bahan bakar lebih baik dan tambahan boost di kecepatan rendah sehingga dapat meningkatkan respon throttle.

Untuk mengimbangi performa mesin, Alpina juga melakukan fine tuning terhadap transmisi otomatis ZF 8 percepatan, memberi respon perpindahan gigi yang lebih sigap. Selain itu, limited-slip differential dan perubahan suspensi menggunakan yang sama seperti B3 dan sistem pengereman seperti pada B5.

Baca Juga : BMW Alpina B3 Touring, Wagon Tercepat Rakitan Alpina

Pada bagian eksterior, Alpina memberikan paket bodi kit dan pelek 19 inci, jika kurang besar ada opsi pelek 20 inci dengan desain ikonik dan pelek ini diklaim dapat mengurangi bobot mobil sampai 14 kg.

Bicara soal harga, untuk pasar Jerman harganya mulai dari EUR70.500 atau setara Rp 1,1 miliar sementara model wagon EUR71.900 atau setara Rp 1,2 miliar. Untuk pengiriman ke konsumen dimulai November mendatang.