Alpina B3 Godaan Para Penggemar BMW M3

Alpina B3 Godaan Para Penggemar BMW M3 Sumber Foto : Alpina

KabarOto.com – Bagi Sobat yang tidak sabar menunggu kehadiran BMW M3 G80, Alpina punya jawabannya. Tuner asal Buchloe, Jerman ini sudah lebih dulu mendongkrak performa dari Seri 3 G20.

Jangan khawatir soal performa, racikan Alpina ini tidak berbeda dengan BMW M3 mendatang. Alpina B3, begitulah mereka menyebutnya, mencangkok mesin 6 silinder biturbo BMW M GmbH berkode S58.

Baca Juga : Audi RS Q8 Hasil Garapan ABT Sportsline Tembus 690 Dk

Mesin berkode S ini pertama kali di pasang pada mobil edisi spesial BMW M3 CS dan M4 CS generasi lawas. Terakhir mesin ini dipakai untuk X3M dan X4M. Nantinya, M3 generasi terbaru bakal menggunakan mesin serupa.

Berkat garapan Alpina, mesin ini dapat memuntahkan tenaga sebesar 462 dk dan torsi 700 Nm pada 2.500 rpm. Seperti inilah jati diri Alpina, dengan mengutamakan tenaga, handling dan kenyamanan.

Selain mesin, transmisi juga ikut diubah menggunakan Switch Tronic 8 percepatan yang dirancang khusus. Tenaga mesin disalurkan ke empat roda guna memberikan traksi yang optimal.

Baca Juga : Manajer Tim Ducati Berbicara Tentang Perbaikan Motor Ducati

Dari hasil tes, mobil ini dapat melesat 0-100 kpj tuntas dalam 3.8 detik saja, begitu juga dengan mencapai 200 kpj tuntas dalam 9,6 detik saja. Untuk kecepatan puncaknya bisa mencapai 303 kpj.

Alpina juga melakukan revisi pada sektor kaki-kaki. Penggunaan suspensi sport Alpina dan anti-roll bar, kemudian tersemat teknologi pengaturan peredaman variabel dengan tiga mode, yakni comfort+, comfrot dan sport.

Niatan Alpina dalam meracik mobil mengutamakan kenyamanan, dengan imbuhan “+” justru opsi comfort, bukan sport. Berbeda dengan pengaturan setir, pengaturan variabel juga tersedia dengan tiga mode yaitu comfort, sport dan sport+. Di mode comfort mengutamakan kestablian saat kecepatan tinggi, sementara sport+ memaksimalkan handling saat bermanuver.

Fiturnya cukup lengkap, terdapat Active Air Stream Kidney Grille. Untuk interior, sudah dilengkapi BMW Connected Package Professional (remote & concierge service, RTTI, dan Apple CarPlay), ambient lighting, serta BMW Driver Assistance.

Untuk bagian Live Cockpit Professional, Alpina memberikan ciri khas tersendiri melalui permainan interface. Di bagian eksterior hanya penggunaan bodi dan pelek dari Alpina.

Baca Juga : Ikuti Cara Ini Agar Suspensi Motor Berumur Panjang

Alpina B3 Touring

Bicara soal harga, Alpina B3 Saloon (sedan) mulai dari EUR 81.250 atau sekitar Rp 1,2 miliar. Dan ada versi Touring dengan harga EUR 83.050 atau sekitar Rp 1,23 miliar. Keduanya bisa menjadi alternatif sebelum BMW M3 generasi terbaru diluncurkan.