BMW Alpina B3 Touring, Wagon Tercepat Rakitan Alpina

BMW Alpina B3 Touring, Wagon Tercepat Rakitan Alpina Penulis: Nora Dian Pratama

KabarOto.com – Rumah modifikasi Alpina yang selalu bekarya dengan mobil-mobil BMW sejak 1965, kembali melakukan modifikasi pada salah satu model terbaru dari BMW seri 3 Station Wagon. Dengan lahirnya seri 3 generasi G20 oleh BMW ini, menawarkan tantangan baru kepada tuner asal Jerman ini untuk melakukan modifikasi pada model ini dengan varian touring. Hasil modifikasi yang dilakukannya menghasilkan mobil jenis wagon tercepat di dunia, BMW Alpina B3 Touring.

Hasil modifikasi Alpina pada BMW B3 Touring ini menyapa khalayak umum pada ajang Frankfurt Motor Show 2019 silam, B3 Touring dimodifikasi oleh Alpina dengan filosofi keseimbangan optimal antara performa, efisiensi dan tingkat emisi.

Baca juga: Alpina B3 Godaan Para Penggemar BMW M3

Secara tampilan, desain B3 Touring memiliki desain yang lebih agresif dari model standar dengan intake udara berukuran besar di bagian bumper, terdapat pinstripe khas Alpina menghiasi garis karakter samping berikut bumper depan.

Tampilan semakin sporty di bagian samping dengan dua pilihan pelek Alpina, diantaranya Alpina Dynamic 5x4 Multispoke berukuran 19 inci atau Alpina Classic 20 spoke diameter 20 inci. Beralih ke belakang, knalpot menggunakan quad exhaust membuatnya terlihat keren.

Modifikasi juga berlanjut ke bagian dalam, BMW Alpina B3 Touring menerima sentuhan tradisional yang diberikan Alpina seperti logo dari bahan logam di sandaran jok, karpet, dan kusen pintu. Semakin eksklusif dengan penggunaan lapisan kulit "Lavalina" dan setir Alpina menambah kesan elegan di dalam kabin.

Genggaman semakin nyaman berkat setir dengan fitur pemanas dan dilengkapi dengan tombol shift Switch-Tronic untuk mode perpindahan manual. Terdapat instrument cluster digital berukuran 12,3 inci yang dilengkapi dengan grafis Alpina.

Baca juga: Alpina Racik Ulang BMW Seri 7 Terbaru, Lebih Bertenaga dan Terlihat Modis

Dalam menjamin keselamatan berkendara, terdapat layanan digital dan sistem bantuan pengemudi seperti Parking Assistant atau Active Guard Plus yang tersedia sebagai fitur standar. Menjamin keselamatan lebih baik dengan sistem Driving Assistant Professional sebagai pilihan yang menawarkan tingkat keamanan aktif yang tinggi dengan paket komprehensif dari sistem bantuan inovatif.

Dari sektor mesin, Alpina melakukan modifikasi hingga membuatnya menjadi station wagon tercepat. Memodifikasi mesin 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc dari single-turbo S58 bertenaga 374 dk dan torsi 500 Nm menjadi bermesin twin-turbocharged yang menghasilkan tenaga 462 dk dan torsi maksimal 700 Nm pada 3.000 rpm.

Mesin ini terhubung dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang dimodifikasi bersama dengan ZF Transmission untuk waktu respon pergeseran yang lebih cepat, tenaga ini ditransfer keempat roda yang didukung sistem xDrive. Penyalurannya menuju gardan menjadi luwes berkat teknologi fully variable torque distribution, sedangkan Limited-Slip Differential belakang membantu meningkatkan traksi. Kecepatan tertinggi dimodifikasi dari 185 kpj sebagai kecepatan maksimal standar pabrik menjadi 297 kpj.

Modifikasi yang dilakukan mencakup software ECU yang diubah, menggunakan mesin twin-turbo, menggunakan sistem pendingin mesin yang baru, sistem aliran udara yang diubah, modifikasi pada knalpot stainless steel dengan tekanan yang dikurangi, dan filter gas buang yang baru. Modifikasi yang dilakukannya membuat konsumsi bahan bakar menjadi 9 kpl dan mengeluarkan emisi CO2 252 g/km berdasarkan pengukuran Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Baca juga: BMW Concept 4, Cerminan Desain Model Teranyar BMW Masa Depan

Demi menjaga kenyamanan berkendara, Suspensi dimodifikasi menggunakan Alpina sport suspension memastikan stabilitas berkendara, cengkraman ke jalan yang lebih baik, dan kelincahan yang lebih agresif. Terdapat fitur Adaptive Dampers yang berguna untuk pengendalian yang lebih tajam jika dibutuhkan.

Berbicara soal harga, dilansir dari Autocar, mobil modifikasi Alpina ini akan dibaderol lebih dari 60.000 Poundsterling atau setara dengan Rp 1,050 miliar.

Sayangnya, mobil ini tidak akan dijual untuk pasar otomotif Amerika Serikat. Pemesanannya sendiri baru bisa dilakukan pada kuartal pertama tahun 2020 dan mulai didistribusikan pada pertengahan tahun 2020.

Data Spesifikasi:

  • Mesin: 6 silinder segaris twin-turbocharged berkapasitas 3.000 cc

  • Tenaga: 462 dk @ 5.000 - 7.000 rpm

  • Torsi Maksimal 700 Nm @ 3.000 – 4.250 rpm

  • Klarifikasi Emisi: Euro 6d-ISC-FCM

  • Ban: ALPINA DYNAMIC 19 inci; 8,5 x 19 255/35 ZR19 (depan), 9,5 x 19 265/35 ZR19 (belakang)

  • Dimensi (PxLxT): 4.719 mm x 2.068 mm x 1.438 mm

  • Sumbu Roda: 2.851 mm