Alpina Racik Ulang BMW Seri 7 Terbaru, Lebih Bertenaga Dan Terlihat Modis

Alpina Racik Ulang BMW Seri 7 Terbaru, Lebih Bertenaga dan Terlihat Modis Alpina B7 (ist)

KabarOto.com - Setelah debut BMW Seri 7 G11 / G12 LCI bulan lalu, Alpina kini juga turut meluncurkan B7 xDrive baru yang didasarkan pada model 750i xDrive. Seperti diketahui, Alpina merupakan tunner asal Jerman yang memiliki sejarah panjang dalam meng-upgrade produk BMW.

Pada sedan kelas atas BMW tersebut, Alpina melakukan perubahan pada beberapa bagian. Namun yang utama, perubahan dilakukan pada mesin V8 twin-turbo 4.4 liter yang disandang 750i.

Baca Juga: BMW Resmi Luncurkan Jagoan Baru, All New X4

Di tangan Alpina, mesin tersebut 'diracik' ulang hingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 608 dk dan torsi 800 Nm. Dengan tenaga yang buas tersebut, B& Alpina dapat melakukan akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 kpj hanya dalam waktu 3,6 detik.

Bagian depan terlihat lebih gagah

Bila pengemudi masih memiliki adrenalin lebih, pedal gas dapat diinjak lebih dalam dan sedan berukuran besar tersebut dapat melesat hingga mencapai kecepatan tertinggi 330 kpj. Sebagai perbandingan, 750i xDrive standar memiliki tenaga sebesar 530 dk dan torsi 750 Nm, dengan kemampuan akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam waktu 4 detik.

Selain itu, Alpina juga merancang ulang turbocharger, dengan saluran exhaust yang lebih besar, dari yang sebelumnya 50 mm menjadi 54 mm. Lalu Alpina juga melengkapinya dengan sofware manajemen mesin baru, yang memungkinkan torsi puncak tiba lebih cepat di putaran mesin 2.000 rpm daripada 3.000 rpm sebelumnya.

Sistem pendinginan mesin juga tak dilupakan oleh Alpina. Untuk itu, ia mengoptimalkan intercooler dengan jalur asupan udara yang lebih pendek. Bahkan Alpina juga menyematkan sistem pendingin air eksternal tambahan dan pendingin oli transmisi.

Dipenuhi perangkat areodinamika

Transmisi otomatis 8 percepatan juga telah diperkuat dan menerima perangkat lunak khusus buatan Alpina. Sehingga diklaim dapat bekerja lebih baik untuk mengimbangi tenaga mesin V8 yang lebih kuat.

Performa mesin yang mumpuni rasanya tidak lengkap bila tak diimbangi dengan sistem pengereman yang baik. Untuk itu, Alpina memberikan sistem pengereman yang baru dengan teknologi brake-by-wire dan cakram yang lebih besar di bagian belakang.

Di bagian eksterior, Alpina meberikan bumper depan baru dengan intake udara berukuran besar dan embos Alpina di tengah. Lalu ada juga spoiler belakang berukuran kecil, di atas bagasi. Alpina mengatakan, perangkat bodykit buatannya akan meningkatkan stabilitas di kecepatan tinggi.

Baca Juga: Ulang Tahun Ke-110, Bugatti Hadirkan 20 Unit Chiron Limited Edition

Penampilannya makin sporty berkat sistem knalpot sport stainless steel Alpina dengan muffler twin elips, serta satu set pelek berukuran 20 inci yang dibalut dengan ban keluaran Michelin.

Alpina juga fokus pada peningkatan kenyamanan di dalam kabin berkat pelindung baru di lengkungan roda belakang dan isolasi tambahan di pilar-B. Bahkan kaca yang digunakan untuk kaca depan dan jendela lebih tebal 5 mm dari pada standar. Keren ya!