BMW M8 Jadi Safety Car Baru Di MotoGP

BMW M8 Jadi Safety Car Baru di MotoGP

KabarOto.com – Setiap kali menonton ajang balap Internasional pasti kalian pernah melihat sebuah mobil yang selalu berada paling depan sebelum lomba dimulai. Dilengkapi dengan rotator, selalu berada terdepan pada setiap ajang balapan MotoGP bahkan Formula 1, mobil tersebut diberi nama Safety Car.

Sedikit penjelasan, peran Safety Car sendiri adalah menjaga agar balapan berjalan lancar dan aman. Penggunaan mobil ini sendiri dimulai sejak GP Kanada tahun 1973, dimana setelahnya diikuti oleh ajang balap lainnya.

Safety Car juga akan masuk lintasa ketika terjadi kecelakaan parah atau fatal, dan jika dirasa cuaca sudah terlalu berbahaya untuk melakukan balap. Dan ini adalah satu-satunya mobil yang tidak bisa dilewati oleh mobil F1 sekalipun loh, tapi bukan karena performanya yah, melainkan karena peraturannya.

Baca Juga : BMW Z4 Ini Pindah Agama Pakai Mesin Amerika

Penggunaan mobil Safety Car pada setiap ajang balap juga berbeda-beda, jika balap F1 biasanya dipasok oleh Mercedes-Benz. Berbeda dengan MotoGP, punya mobil baru yang menarik perhatian yakni BMW M8 Performance.

Seperti yang kita tahu, belum lama ini BMW baru saja meluncurkan model tersebut. Khusus untuk menjadi Safety Car di ajang MotoGP, BMW M8 tersebut menggunakan laburan corak khusus sehingga tampilannya lebih terlihat sporty.

Livery khusus khas MotoGP lengkap garis M Performance dengan perpaduan 3 warna, dan aksen hitam menghiasi warna dasar putihnya. Lalu untuk bagian depan, terdapat canard karbon fiber tambahan dan juga lips yang tidak kita dapat pada M8 Competition standar.

Baca Juga : Hanya Tuning ECU Toyota Supra Jadi 420 Dk

Menguatkan kesan sporty dan agresif, penambahan side skirt plus penggunaan pelek model palang 5 motif V-Spoke ukuran 20 inci. Pelek tadi berbalut ban Michelin Pilot Sport 4s ukuran 275/35 R20.

Bagian buritan dilengkapi dengan spoiler berukuran cukup besar sehingga menambah downforce ketika dipacu kecepatan tinggi. Sisanya terdapat aksesori seperti diffuser karbon, dan juga exhaust system berbahan titanium.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin V8 berkapasitas 4.400 cc dengan twin-turbocharged, dengan tenaga maksimal mampu mencapai 617 dk. Transmisinya menggunakan model otomatis dengan 8 percepatan M Steptronic transmission dengan Drivelogic. Sistem rodanya menganut all-wheel drive system. Performanya? Bukan main, 0-100 kpj tuntas dalam 3,2 detik saja, lalu top speed mencapai 250 kpj.

Mengintip interiornya, terdapat roll bar 6 titik untuk perlindungan ekstra saat terjadi kecelakaan, lengkap dengan bucket seat dari Recaro untuk menopang tubuh driver dan co-driver saat mobil bermanuver.

“Kami memilih BMW M8 Competition sebagai dasar untuk mobil Safety Car MotoGP baru kami. Bahkan dalam versi produksinya, mobil performa tinggi ini cocok untuk sirkuit MotoGP. Dengan BMW M8 MotoGP Safety Car, kami benar-benar bersemangat untuk menghadirkan sesuatu baru, dan bertenaga untuk memandul berlangsungnya kasta tertinggi balap motor tersebut," kata Markus Flasch selaku presiden BMW M.