Hanya Tuning ECU Toyota Supra Jadi 420 Dk

Hanya Tuning ECU Toyota Supra Jadi 420 Dk

KabarOto.com – Supra memang sebuah mobil ikonik dari Toyota yang sudah ditunggu-tunggu kedatangannya sejak masa akhir pembuatan Mark IV pada 2002. Setelah menunggu 17 tahun, penantian tersebut sudah ada di depan mata, generasi terbaru Supra sudah hadir dan bahkan kita bisa melihat secara sungguhan bentuk asli dari Supra baru tersebut.

Namun memang ciri khas legenda mobil sport JDM (Japan Domestic Market) sudah tidak diusung dalam Supra generasi baru ini. Bentuknya memang keren, namun jantung mekanis sudah bukan 2JZ seperti dahulu. Melainkan mencangkok dari kepunyaan BMW, bahkan basisnya sendiri merupakan BMW Z4.

Menggunakan mesin berkapasitas 3.000 cc 6-silinder segaris, dengan bantuan turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 340 dk dan torsi maksimal 500 Nm, lantas tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 8-percepatan Sport Automatic. Menghasilkan akselerasi 0 -100 kpj hanya dalam 4,3 detik saja, dan kecepatan maksimum 250 kpj.

Baca Juga : Ini Persamaan Toyota Supra Dengan BMW Z4

Tapi sepertinya banyak dari penggemar Supra menyayangkan tenaga yang lebih kecil daripada BMW Z4 tersebut, oleh karena itu ada sebuah bengkel tuning asal Inggris yakni Litchfield Motors mampu membuat Supra jauh lebih bertenaga dan kencang dengan cara instan.

Seperti yang kita tahu, performa BMW Z4 diatas kertas jauh lebih tinggi dibanding Supra, walau memggunakan mesin sama. Tenaga Z4 mencapai 376 dk dan torsi maksimum 529 Nm, terpaut cukup jauh yah hasilnya dengan saudaranya.

Baca Juga : Profil - Toyota GR Supra

Karena alasan itu, Litchfield Motors melakukan beberapa setingan pada ECU mesin berkode B58 tersebut agar bisa memuntahkan secara maksimal tenaga yabg dimiliki. Caranya cukup mudah, dengan adanya beberapa part aftermarket, tuning ECU bisa dilakukan melalui soket OBD saja.

Program tuning-nya sendiri menggunakan BFlash, yang mampu mendongkrak hingga hasilnya mencapai 420 dk dan torsi maksimal 570 Nm, melampaui hasil dari Z4 secara signifikan. Menurut Litchfield, tenaga ini masih bisa meningkat lagi jika menggunakan part exhaust dari Akrapovic atau Milltek.

Kalau mau lebih besar lagi, mungkin bisa swap engine ke mesin sejatinya, 2JZ. Karena Toyota sebenarnya juga sudah membuat dudukan mounting khusus pada body Supra, agar para pemilik bisa memasang mesin 2JZ dengan lebih mudah dan praktis tanpa banyak penyesuaian. Dan seperti yang kita tahu, mesin ini memiliki potensi sangat besar untuk di-upgrade, bahkan ada yang mencapai 1000 dk lebih. Namun memang karena faktor emisi gas buang jodoh Supra ini harus disuntik mati produksinya.

Tidak hanya itu, nantinya workshop ini juga akan memproduksi lowering kit Supra sehingga memberi sensasi berkendara lebih rigid dan juga stabil saat menikung. Serta untuk mempermanis tampilan eksteriornya akan ada part berbahan karbon yang lebih ringan dan sporty.

Supra sendiri di Indonesia sempat menghiasi GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD beberapa waktu lalu. Namun memang hanya ada dua warna tersedia saat itu, yaitu merah dan hitam sebagai hero color. Tetapi hingga saat ini masih belum ada informasi tentang harga pasti untuk Toyota GR Supra.

Anda sudah punya Supra terbaru? Bisa langsung upgrade nih Sob!