POPULAR STORIES

Ini Persamaan Toyota Supra Dengan BMW Z4

Ini Persamaan Toyota Supra dengan BMW Z4 Sumber : Consumer Reports

KabarOto.com – Bukan sebuah rahasia umum lagi jika Toyota Supra terbaru merupakan saudara dari BMW Z4. Banyak kesamaan yang bisa ditemui pada kedua mobil kencang ini, layaknya anak kembar namun beda negara.

Hal itu dikarenakan sharing platform antar 2 pabrikan mobil raksasa tersebut, ini bukan pertama kalinya sebuah pabrikan melakukan sharing platform, sebelumnya ada Ford Fiesta dan Mazda 2, Subaru BRZ dan Toyota 86, Toyota Yaris dan Mazda 2 Skyactiv, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Lalu apa saja yang sama antara Toyota Supra dan BMW Z4? Yuk kita bahas.

1. Mesin

Jantung mekanis dari Toyota Supra baru memang bukan lagi mesin legendaris 2JZ, melainkan dapat sokongan dari BMW, contohnya Toyota Supra terbaru mendapat tiga pilihan mesin, yakni 6-silinder inline 3.000 cc dengan tenaga 340 dk dengan torsi 500 Nm seperti BMW 330i, lalu paling kecil 4 silinder dengan tenaga 197 dk dan torsi 320 Nm. Serta mesin 4 silinder 2.000 cc Turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 256 dk dengan torsi 400 Nm seperti kepunyaan BMW Z4.

Walau dasar mesin sama, perbedaannya terdapat pada cover mesin utama yang sudah memiliki emblem Toyota, lalu tentunya beda tuning-an. Diatas kertas, untuk mesin 6 silindernya BMW Z4 sedikit lebih mengungguli Supra dalam hal akselerasi dari 0-100 kpj dengan mencatat 3,9 detik, sementara Supra 4,1 detik.

Baca Juga : Bukan V8, Ford Mustang Ini Justru Dijejali Mesin Listrik Dengan Torsi 1.200 Nm !

Oh iya, asiknya Toyota mengerti apa yang dirasakan para pemilik Supra generasi sebelumnya. Oleh karena itu, Toyota sengaja membuat sasis Supra supaya bisa di-swap engine ke 2JZ dengan mudah.

2. Interior

Kesamaan lainnya ada pada bagian interior Supra, banyak yang berpendapat bahwa sangat disayangkan kesan kabin seperti cockpit pesawat jet di Supra A80 dihilangkan pada A90. Interior Supra justru dibuat sangat mirip kepunyaan Z4 sehingga mehilangkan kesan otentik Supra terdahulu.

Namun disisi lain, ada kelebihannya dari kesamaan ini, kesan mewah mobil Eropa khas BMW jadi ikut terbawa di dalam kabin Supra, fitur canggih seperti iDrive juga turut disematkan, lalu speedometer digital, ditambah perpaduan bahan premium seperti Alcantara dan kulit warna merah.

Itulah kesamaan Toyota Supra dan juga BMW Z4, kalau menurut kalian lebih suka yang mana? Mobil sport ikonik JDM dan mobil sport Eropa?