POPULAR STORIES

Profil - Toyota GR Supra

Profil - Toyota GR Supra Toyota GR Supra (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Toyota GR Supra menjadi kendaraan yang cukup ditunggu-tunggu oleh konsumen. Akhirnya, pada Selasa (23/07) diresmikan oleh PT Toyota Astra Motor di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Sebelumnya, GR Supra sudah melalui proses uji coba di berbagai negara untuk mengoptimalkan tiga elemen keseimbangan.

Tiga elemen tersebut adalah wheelbase, tread atau tapak, dan center of gravity. Hasil akhirnya, engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheelbase menjadi 2.470 mm. Pusat gravitasinya juga rendah, membuat sportscar ini lebih stabil saat dikendarai, terutama saat menikung.

Baca Juga: Akhirnya, Toyota GR Supra Diresmikan Di GIIAS 2019

Toyota GR Supra

Berat mobil tersebut dibuat seimbang 50:50 untuk bagian depan dan belakang. Hal ini perlu dan penting untuk diperhatikan, demi menjaga performa GR Supra agar tidak limbung.

Fitur lainnya untuk mendukung kenyamanan berkendara yaitu bagian gardan. GR Supra dilengkapi dengan gardan berteknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik.

Kerennya, fitur ini mampu membuat mobil meluncur dengan mulus saat di tikungan. Pada beberapa titik eksteriornya, Toyota juga melakukan improvement guna membuat mobil ini lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya.

Toyota GR Supra

Baca Juga: Gokil! Toyota Supra A90 Produksi Pertama Ini Laku Rp 29 Miliar

Seperti bagian samping yang tampak lebih ramping, sehingga pelek alloy Sporty Design yang dibalut ban berukuran 19 inci dapat terlihat menonjol.

Kemudian terdapat double bubble yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang, sehingga memberi tambahan down force. Kesan sporty juga semakin kuat dengan adanya spoiler belakang yang berbentuk duck-tail, yang terintegrasi dengan desain buritan.

Toyota GR Supra

Selain dengan desain yang sangat sporty, GR Supra juga dilengkapi dengan lampu LED sebanyak 6 buah di bagian depan. Sedangkan bagian belakangnya terdapat lampu kombinasi, membuatnya semakin terlihat tampan.

Beralih ke bagian mesin, mobil ini tetap mempertahankan konfigurasi mesin 3.000 cc Turbo 6-silinder segaris. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi 8-percepatan Sport Automatic.

Mesin berkapasitas 3.000 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 dk pada 5.000 - 6.500 rpm. Torsi maksimalnya sekitar 500 Nm pada putaran 1.600 - 4.500 rpm. GR Supra dilengkapi dengan mode kendara Normal dan Sport, bisa disesuaikan oleh pengemudi nih.

Toyota GR Supra

GR Supra tidak hanya dilengkapi dengan desain eksterior yang menarik. Tata letak interiornya pun tidak sembarangan dengan memberikan kesan alami. Sehingga, pengemudi bisa berkonsentrasi penuh saat mengemudi.

Untuk fiturnya, sportcar ini dilengkapi dengan sistem multimedia berukuran 8 inci dengan teknologi layar sentuh dan terintegrasi dengan 10 speaker.

Sayangnya, pihak TAM belum merilis harga resmi dari kendaraan sport ikonik ini.

Baca Juga: Ada 3 Produk Baru Toyota Yang Mengaspal Di GIIAS 2019

Engine power 340 dk @ 5,000 - 6,500 rpm
Engine torque 500 Nm @ 1,600 – 4,500 rpm
Acceleration
(0-100km/h)
4,3 detik
Maximum speed
(Electronically limited)
250 kpj
Mesin dan Transmisi Inline 3.000 cc Turbocharged, Otomatis 8 percepatan